Kongres Partai NasDem Bahas Pemilu Presiden 2024

| 06 Nov 2019 17:48
Kongres Partai NasDem Bahas Pemilu Presiden 2024
Konferensi pers Partai NasDem tentang kongres partai (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Meski Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin baru dilantik dan menjalankan tugasnya kurang dari sebulan, namun, Partai NasDem mengaku bakal melakukan pembahasan terkait Pilpres 2024 dalam kongres kedua mereka yang bakal digelar pada 8-11 November 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Steering Comittee Kongres II Partai NasDem, Johnny G Plate. Menurut dia, tak hanya Pilpres 2024, kongres ini juga bakal membahas langkah ke depan jelang Pilkada 2020.

"Partai NasDem mempunyai beberapa target dan pencanangan hasil atau target politik kontestasi di tahun 2019-2024," kata Johnny kepada wartawan di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).

"Pertama, kami siapkan strategi untuk mencanangkan kemenangan Pilkada 2020. Kedua, mencanangkan kemenangan Pileg 2024 dan mencanangkan kemenangan Pilpres 2024," imbuh dia.

Sekjen Partai NasDem ini mengatakan, acara internal kongres akan membahas terkait sistem dan model perekrutan yang akan mereka gunakan saat mencari calon yang bakal maju di Pilpres 2024.

Johnny mengklaim, sistem dan model yang mereka gunakan bakal sesuai dengan sistem demokrasi di Indonesia. Beberapa sistem ini, kata dia diantaranya adalah dengan membangun koalisi dengan partai lain atau model lainnya.

"Nanti kami putuskan dalam kongres, seperti misalnya membangun koalisi, membentuk konvensi, atau model lainnya yang dipercaya memenuhi tiket pilpres terpenuhi atau syarat thresold terpenuhi," jelas Johnny.

Senada dengan Johnny, Ketua DPP NasDem Willy Aditya juga menjelaskan kongres ini bakal membahas soal Pilpres 2024 serta beberapa hal lainnya yang jadi putusan internal.

"Untuk agenda kongres ada tiga agenda besar, pertama tentu garis besar haluan partai, kedua tentang aksi partai dan Pemilu 2024 dan ketiga rekomendasi terkait dengan pemerintahan Presiden Jokowi," ungkap Willy.

Namun, Willy lebih memilih menjelaskan target Partai NasDem untuk Pilkada serentak 2020. Menurutnya, dalam pilkada tersebut, partai besutan Surya Paloh ini bakal menargetkan kemenangan hingga 50 persen.

Angka ini berada di bawah PDI Perjuangan yang menargetkan kemenangan hingga 60 persen. "Beberapa Pilkada lalu kami mendapatkan hasil yang bagus dan saat adalah bagaimana mempertahankan itu dan kalau target sebanyak mungkinlah tapi minimal 50 persen," jelasnya.

Sebelumnya, Partai NasDem bakal menggelar kegiatan Kongres II sekaligus hari ulang tahun ke-8 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara yang digelar selama tiga hari ini diklaim bakal diikuti ribuan kader dan dihadiri oleh tamu penting, seperti kepala daerah. Salah satu kepala daerah yang disebut-sebut bakal hadir adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies bakal diberikan kesempatan oleh NasDem untuk menyambut para kadernya dalam acara pembukaan. Sementara saat penutupan sekaligus puncak acara HUT Partai NasDem ke-8, direncanakan Presiden Jokowi dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju bakal hadir. Tak hanya itu, nantinya Partai NasDem juga bakal mengundang ketua umum partai politik baik yang berada dalam satu koalisi maupun parpol non-koalisi.

Tags : nasdem
Rekomendasi