Nasib PKL di Jakarta: di Sana Boleh Jualan, di Sini Digusur

| 10 Dec 2019 05:50
Nasib PKL di Jakarta: di Sana Boleh Jualan, di Sini Digusur
Ilustrasi kondisi trotoar di Jakarta (Foto: Irfan/era.id)
Jakarta, era.id - Angin surga sempat berhembus buat PKL di Jakarta. Gubernur Anies Baswedan mau membolehkan beberapa trotoar 'dikuasai' PKL. Tapi keinginan itu tak sejalan dengan lapangan.

Di Jakarta Pusat, 600 personel gabungan, dari Satpol PP, TNI hingga polisi bersiaga di pedestrian Senen. Mereka membersihkan seluruh PKL yang sudah biasa 'bermukim' di jalur khusus pejalan kaki itu.

"Kita inginkan daerah ini tertib, orang bisa lewat, lebih aman, dan tertib di jalan. Jadi kita relokasi, jadi bukan penertiban. Ini adalah relokasi. Jadi pemindahan (pedagang)," ucap Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mencoba memberi penjelasan apa yang sedang dilakukan anak buahnya ini, Antara, Senin (9/12/2019).

Operasi penjagaan dilakukan sejak pukul 11.00 WIB di sekitar trotoar dan Pasar Senen hingga pukul 22.00 WIB. Dengan durasi penjagaan sepanjang itu, hampir pasti tak bakal ada pedagang yang berani untuk membuka lapak di trotoar seperti sebelumnya. Kalau pun ada, para pembelinya pasti akan turun drastis.

"Kita maunya smooth. Kita maunya ini dengan cara kami yang tempati dulu. Jadi mereka (pedagang) tidak menaruh barang. Kita hindari itu. Supaya penjagaannya juga berjalan lancar," kata Irwandi.

Irwandi lebih lanjut mengatakan PD Pasar Jaya telah menyiapkan tempat relokasi yang lebih nyaman di Metro Atom Pasar Baru sebanyak 108- 110 lapak.

"Itu sudah dipersiapkan PD Pasar Jaya di Pasar Atom. Ada sebanyak 104 pedagang, yang disiapkan ada 108- 110 pedagang. Jadi kita berharap memang diisi," ujar Irwandi.

Sebelumnya, diketahui Pemerintah Kota Jakarta Pusat melarang PKL Senen untuk berjualan sejak awal Desember 2019 karena laporan masyarakat yang resah terhadap keberadaan mereka.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan pihaknya sudah menyediakan tempat relokasi bagi para PKL Senen yaitu di Metro Atom Pasar Baru.

 

Rekomendasi