Propaganda Gaya Primitif KKB Papua di Era Digital

| 23 Dec 2019 08:10
Propaganda Gaya Primitif KKB Papua di Era Digital
Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi (era.id)

Jakarta, era.id - Menanggapi pernyataan petinggi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua Gusby Waker sebagaimana diberitakan oleh media online rakyatku.com, Rabu (18/12), yang mengklaim bahwa KKB telah membunuh 13 anggota TNI dalam kontak tembak selama 12 jam di Utigapa, Mabes TNI menyatakan bahwa berita itu hoakes dan merupakan propaganda KKB Papua. Pada era digital, institusi TNI tidak mungkin menutup-nutupi informasi.

"TNI bukan organisasi liar seperti KKB. TNI adalah organisasi besar yang dikelola dengan sistem manajemen modern yang terpadu. Data individu personel TNI dicatat secara tertib. Perubahan data dilakukan secara periodik, sehingga pimpinan TNI dapat mengetahui kondisi setiap prajurit yang termutakhir (up to date)," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Sisriadi saat dimintai konfirmasi oleh beberapa awak media di Jakarta, Minggu (22/12).

Data tersebut meliputi data pribadi dan data keluarga, seperti nama, pangkat, NRP (Nomor Registrasi Prajurit), pendidikan, jabatan, data penugasan serta data lainnya. Demikian juga data riwayat kesehatan, tercatat dengan sangat rapih. Apabila seorang prajurit meninggal dunia, datanya dicatat untuk proses pengurusan pembayaran hak-hak ahli waris serta untuk keperluan penyusunan sejarah dan doktrin.

Menurutnya setiap pimpinan TNI di semua tingkatan tidak mungkin menyembunyikan data prajuritnya yang meninggal dunia, baik di asrama, di rumah sakit, apalagi prajurit yang gugur di medan tugas pertempuran. Sekarang adalah era keterbukaan. Setiap prajurit TNI memiliki identitas lengkap dan tidak mungkin bisa disembunyikan. Manakala seorang prajurit TNI sakit di tempat penugasan, keluarga di kampung halaman akan segera tahu.

"Kalau KKB sangat mungkin menyembunyikan data tentang anggota mereka. Sebagaimana kita ketahui bersama, mereka adalah organisasi liar yang tidak punya data keanggotaan, asal-usul dan keluarganya tidak jelas. Berapa pun korban di pihak mereka, tidak akan ada yang mempertanyakan,"sambung Sisriadi.

Kapuspen TNI memastikan, pernyataan Gusby Waker tentang korban TNI oleh KKB adalah berita bohong dan merupakan bentuk propaganda. Kalau ada media yang mempublikasikan kebohongan itu tanpa konfirmasi ke institusi TNI, profesionalitas jurnalistiknya patut dipertanyakan.

"Fakta yang sebenarnya adalah puluhan anggota OPM yang tewas dalam kontak tembak dengan Satgas Penegakan Hukum tidak bisa terlaporkan karena tidak bisa diidentifikasi dan tidak ada keluarga yang mempertanyakan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kapuspen TNI menambahkan bahwa negara masih membuka pintu lebar-lebar bagi anggota KKB yang mau menyerahkan diri secara damai seperti rekan-rekannya yang sudah turun dan ikut membangun keluarga, bangsa dan negara.

Tags : kkb papua
Rekomendasi