BMKG: Waspada Malam Tahun Baruan di Pantai

| 30 Dec 2019 16:52
BMKG: Waspada Malam Tahun Baruan di Pantai
Dwikorita Karnawati
Jakarta, era.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang hendak merayakan malam tahun baru di wilayah pantai agar berhati-hati. Pasalnya, diprediksi akan ada gelombang tinggi dan cuaca ekstrim di beberapa wilayah pesisir di Indonesia.

"Perlu kami luruskan ya. Mungkin itu salah menangkap informasi kami. Kami tidak melarang tahun baru di pantai," kata Kepala BNPB Dwikorita Karnawati di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (30/12/2019).

Dwikorita mengatakan pihaknya menyarakan agar masyarakat pergi ke pantai saat pagi hingga siang hari. Menurut predikai dari BMKG, cuaca ekstrim baru terjadi menejelang sore hingga malam hari.

Jika hendak merayakan tahun baru di pantai, kata Dwikorina, hendaknya masyarakat menjaga jarak aman sekitar 200 meter dari tepi pantai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Apabila ada kegiatan di pantai agar lokasinya jangan mepet di bibir pantai . Harus ada radiusnya, katakan jarak 200 meter dari pantai. Jadi ini bukan melarang, tapi beradaptasi dengan kondisi musim saat ini," paparnya.

Selain itu, Dwikorita mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan hoaks atau informasi bohong terkaiat perkiraan cuaca ekstrim dan bencana alam seperti tsunami maupun gempa bumi. Oleh kerenanya, masyarakat dianjurkan untuk mengecek kembali info resmi dari BMKG.

Menurutnya, jelang pergantian tahun, sudah banyak beredar kabar hoaks yang menyebutkan akan adanya tsunami maupun gempa bumi yang mengatasnamakan BMKG.

"Kalau malam tahun baru akan terjadi sesuatu baik gempa atau tsunami itu pastinya ngarang sebab kita enggak tahu kapan akan benar-benar terjadi gempa dan tsunami," katanya.

Tags : bmkg
Rekomendasi