Di Palembang, Bayar Rp50 Ribu Bisa Makan Durian Sepuasnya

| 11 Jan 2020 12:00
Di Palembang, Bayar Rp50 Ribu Bisa Makan Durian Sepuasnya
Ilustrasi gambar buah durian oleh Spencer Wing dari Pixabay
Palembang, era.id - Begitu enaknya para penikmat durian yang berdomisili atau sedang ada di Kota Palembang. Pemprov Sumatera Selatan menggelar makan durian sebebas-bebasnya dengan cuma membayar Rp50 ribu saja.

Kesempatan luar biasa ini jelas tak disia-siakan para penikmat durian. Bayangkan saja, ratusan buah durian langsung ludes disantap warga hanya dalam kurun empat jam di Festival Buah dan Pertanian Unggulan Sumatera Selatan di Griya Agung Palembang.

Warga yang datang sendiri atau berkelompok memang cuma diminta membayar Rp50 ribu untuk menikmati ribuan durian yang disediakan panitia. Aturannya cuma satu, warga cuma dikasih waktu 30 menit.

"Makan durian sepuasnya ini salah satu upaya menaikkan pamor durian sebagai buah khas Sumsel, supaya durian Sumsel lebih terekspose," kata Sekretaris Panitia Festival Buah dan Pertanian Unggulan Sumsel 2019, Mika Asri Slian seperti dilansir dari Antara, Jumat (10/1/2020).

Festival buah yang diselenggarakan Pemprov Sumsel dan Himpunan Alumni IPB tersebut mendatangkan 3.000 buah durian dari Kabupaten Lahat. Kabupate ini memang dikenal punya buah durian yang berkualitas.

Selain durian, ada juga beragam jenis buah yang dipamerkan pada festival tersebut khususnya unggulan dari Sumsel, seperti Jeruk Pagaralam, Nanas Prabumulih, Kopi Semendo, Alpukat Ranau, Jeruk Gerga, jagung, jambu dan jenis lainnya.

Menurut Mika tujuan festival tersebut untuk mempopulerkan durian lokal sekaligus menaikkan konsumsi masyarakat terhadap buah-buahan, serta menjadikan pameran sebagai bisnis matching antar-pelaku bisnis buah agar harga di tingkat petani membaik.

"Dengan bertemunya penghasil buah dan pembeli langsung tanpa perantara maka distribusi pasar diharapkan bisa lebih luas lagi, tidak hanya domestik tapi juga ekspor, contoh suksesnya kelapa Sumsel yang sudah diekspor ke Thailand," tambah Mika.

Pada festival tersebut, kata dia, ada 112 stan dari unsur BUMN, BUMD, swasta, Pemda, dan UMKM yang menampilkan beragam jenis buah maupun ragam hasil olahan buah, juga ada bibit-bibit tanaman unggul termasuk bibit kurma.

Festival Buah dan Pertanian Sumsel 2019 dibuka gratis hingga 12 Januari di Griya Agung Palembang Jalan Demang Lebar Daun.

 

Tags : buah
Rekomendasi