Isu Matahari Kembar dan Ketegangan Dewas-Pimpinan KPK di Rapat DPR

Tim Editor

RDP Komisi III dengan KPK (Gabriella Thesa/era.id)

Jakarta, era.id - Komisi III DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) perdana dengan Dewan Pengawas dan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan RDP perdana ini untuk mengetahui arah langkah KPK ke depan dan akan menyinggung pola kerja Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.

"Tentu yang akan diminta penjelasan adalah tata kelola pekerjaan dengan tugas fungsi masing-masing dengan KPK dan dewas," kata Herman di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

"Komisi III akan melihat secara objektif, apakah dalam bekerja nanti betul seperti apa yang diisukan ada matahari kembar (di KPK)," lanjutnya.

Sementara Ketua Dewas KPK Tumpak Panggabean mengatakan akan mengkalrifikasi tiga pertanyaan yang berkaitan demgan tugas dan wewenang Dewas.

Dia juga membantah isu ketegangan antara Dewas dan pimpinan KPK dalam beberapa kesempatan terakhir. "Sampai sekarang tidak ada ketegangan. Kami sudah koordinasi dengan baik," kata Tumpak.

Lima anggota Dewas dan lima Pimpinan KPK kini tengah mengikuti rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III dari Partai Gerindra, Desmond J. Mahesa.

Tag: kpk

Bagikan: