Malaysia Tangguhkan Bebas Visa untuk Warga China

| 27 Jan 2020 19:11
Malaysia Tangguhkan Bebas Visa untuk Warga China
Ilustrasi (BBC)
Jakarta, era.id - Pemerintah Malaysia menangguhkan sementara fasilitas bebas visa yang diberikan kepada wisatawan asal China terhitung sejak awal Januari 2020 lalu karena merebaknya virus korona yang berasal dari Wuhan, China.

Kantor Perdana Menteri Malaysia, Senin, menyatakan sejak timbulnya kasus virus korona di China, Pemerintah Malaysia telah mengikuti prosedur-prosedur yang ditetapkan oleh WHO dan pertimbangan para ahli kesehatan untuk menghadapi merebaknya virus korona.

"Kerajaan telah mengambil keputusan untuk menggantung sementara semua kemudahan imigresen iaitu eNTRY, Visa on Arrival, e-visa dan visa manual kepada rakyat negara China dari Bandar Wuhan dan Wilayah Hubei di kelilingnya," ujar Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad, Senin (27/1/2020).

 

Keputusan ini dibuat setelah mengikuti perkembangan terkini berjangkitnya kasus virus korona 2019 (2019-nCoV) di negara China, khususnya di wilayah Hubei tersebut. Bebas visa dan kemudahan imigrasi lainnya akan diberikan lagi setelah keadaan kembali normal.

Kerajaan juga ingin mengingatkan kepada semua pihak agar tidak menyebarkan maklumat yang tidak sah atau palsu berkenaan novel koronavirus ini yang boleh menyebabkan ketidaktenteraman kepada masyarakat umum.

Wisma Putra atau Kementrian Luar Negeri Malaysia akan menyelaraskan pelaksanaan keputusan ini bersama pemerintah China.

 

Tags : korona
Rekomendasi