Tak Ada Tebang Pohon dalam Desain Revitalisasi Monas

Tim Editor

Proyek Revitalisasi Monas (Irfan/era.id)

Jakarta, era.id - Pemenang sayembara rancangan revitalisasi Monas mengungkapkan seharusnya proyek revitalisasi di sisi Selatan Monas tidak perlu menebang pohon.

Arsitek Deddy Wahjudi yang memenangkan sayembara itu mengatakan dalam rancangan asli yang dibuat, plaza di sisi selatan Monas seharusnya dibangun di area perkerasan (area dengan berbagai lapisan seperti untuk jalan), bukan area hijau yang ditumbuhi pepohonan.

"Namun, pada saat proyek revitalisasi dilaksanakan, plaza itu dibangun lebih lebar, sehingga mengorbankan pohon-pohon yang tumbuh di sekitar area perkerasan itu," kata Deddy.

Deddy bersama tim dari PT Labo Indonesia adalah pemenang sayembara revitalisasi kawasan Medan Merdeka. Ia dan timnya tidak dilibatkan saat pengembangan rancangan hasil sayembara dan eksekusi pembangunan proyek tersebut.

"Saya melihat ada pelebaran sisi selatan yang mengakibatkan mungkin terkena pohon. Kalau kami ada di sana, dalam pengambilan keputusan, bisa menyarankan bahwa biar saja plaza melebar, tapi pohon-pohonnya tetap dipertahankan. Karena semua kebijakan kami dalam desain itu adalah membangun yang baru di atas perkerasan yang sudah ada," ujar Deddy seperti dikutip dari Antara.

Ia bersama tim desainnya mengedepankan prinsip konservasi alam saat membuat rancangan untuk revitalisasi Monas. Prinsip itu harus dipraktikkan dalam dunia arsitektur.

"Dalam praktik arsitektur, kami selalu mengedepankan konservasi terhadap alam, jadi sebisa mungkin pohon itu dipertahankan," kata dia.

Deddy berharap Pemprov DKI Jakarta lebih berhati-hati saat melanjutkan revitalisasi Monas di sisi yang lainnya.

"Mungkin timnya berbeda sehingga kontraktor melihat itu begitu saja, tutup mata, gitu, sehingga memang ya sayang saja, kami menyayangkan," ucap Deddy.

Revitalisasi kawasan Monas saat ini, disebutkan mengacu pada hasil sayembara desain yang digelar Pemprov DKI pada 2018-2019.

Revitalisasi ini menimbulkan perhatian publik karena ada sekitar 190 pohon di Monas sisi selatan yang ditebang. Belakangan Pemprov DKI menyatakan ratusan pohon itu tidak ditebang, melainkan digeser.

Beberapa waktu lalu, Sekda DKI Jakarta Saefullah menjelaskan ada 85 pohon yang ditebang dalam rangka revitalisasi sisi selatan Monas yang dipindahkan ke area lain di kawasan Monas.

"Yang fix hasil rapat kami, ada pohon yang kami pindahkan ke sisi barat 55, ke sisi timur 30," ucap Saefullah, Jumat (24/1).

Tag: kecelakaan infrastruktur

Bagikan: