KH Sholahuddin Wahid Wafat di Usia 77 Tahun

| 02 Feb 2020 22:18
KH Sholahuddin Wahid Wafat di Usia 77 Tahun
KH Sholahuddin Wahid (Antara)
Jakarta, era.id  - Tokoh Nahdlatul Ulama, KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah), meninggal dunia pada Minggu (2/2/2020) pukul 20.55 WIB.

Kabar kepergian adik dari Presiden RI Keempat Abdurrahman Wahid itu datang dari putra Gus Sholah, Irfan Wahid (Ipang Wahid) yang meminta maaf dari almarhum meminta bantuan.

"Inna lillahi wa Inna ilaihi raji'un. Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55.

Mohon dimaafkan seluruh kesalahan.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu," tulis akun Twitter @ipangwahid. 

Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, itu sakit jantung sejak beberapa tahun terakhir.

Mundir Pembinaan Pesantren Tebu Ireng, Lukman Hakim, mengatakan Gus Sholah beberapa waktu terakhir ke luar masuk rumah sakit karena penyakit jantung yang dideritanya.

Tokoh NU itu meninggal di usia 77 tahun.

Gus Sholah adalah anak ketiga dari pasangan KH Wahid Hasyim dan Nyai Hj Sholihah. Selain Gus Dur, saudara Gus Sholah adalah Nyai Aisyah, Dr Umar Alfaruq, Nyai Lily Wahid, dan Muhammad Hasyim.

Dia juga pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi. Salahuddin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.

Rekomendasi