Pesanan WNI di Kapal Diamond Princess: Tolak Angin Sampai Bon Cabe

Tim Editor

KBRI Tokyo (Twitter)

Jakarta, era.id - Pemerintah Jepang telah menetapkan wabah Covid-19 berstatus Penyakit Infeksi Tertentu. Jumlah korban di Jepang akibat virus SARS-COV-2 adalah 1 orang dan orang yang terinfeksi virus tersebut mencapai 251 orang, termasuk 218 orang dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Pelabuhan Yokohama.

Kementerian Kesehatan Jepang mengonfirmasi kematian pertama orang yang terinfeksi virus korona baru. Pejabat Kementerian Kesehatan menyebutkan perempuan Jepang itu berusia 80-an tahun merupakan warga Provinsi Kanagawa, yang terletak di selatan Tokyo.

Seperti dikutip dari NHK, Jumat (14/2/2020) pejabat kementerian menyebutkan perempuan itu jatuh sakit pada 22 Januari dan terdiagnosis pneumonia pada 1 Februari sebelum dirawat di rumah sakit.

Menurut pejabat kementerian, kondisi perempuan itu memburuk pada Rabu (12/02/2020) dan diketahui terinfeksi Covid-19 pada Kamis (13/02/2020) setelah meninggal pada hari itu. Kementerian mengatakan perempuan itu tidak memiliki riwayat bepergian ke luar negeri.

Menantu laki-lakinya yang berusia 70-an tahun merupakan seorang pengemudi taksi yang juga dipastikan terinfeksi virus itu dan tinggal di Tokyo.

Pejabat Kementerian Kesehatan mengatakan pria itu mengeluh demam pada 29 Januari dan hasil tesnya positif, pada Kamis. Kementerian menyebutkan ia tidak bekerja dan tetap berada di rumah hingga muncul gejala.

Sementara itu, KBRI Tokyo mengantar beberapa barang untuk keperluan 78 WNI yang berada di kapal Diamond Princess berupa cairan Pereda Masuk Angin, Mie Instan, kecap, saus, dan Vitamin C. "Barang diantar staf KBRI Tokyo ke petugas pelabuhan," jelas KBRI Tokyo di akun Twitternya, kemarin.
 


KBRI Tokyo mengimbau kepada WNI yang berada di dan akan berkunjung ke Jepang untuk senantiasa memperhatikan keselamatan dan menjaga kesehatan. Bagi masyarakat yang berada di tempat-tempat keramaian atau area publik agar lakukan langkah pencegahan penyakit menular dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

KBRI juga mengimbau agar WNI yang berada di Jepang proaktif untuk melakukan konsultasi ke fasilitas medis terdekat, jika merasa kondisi kesehatan menurun.
 

Tag: covid-19

Bagikan: