Imbauan Presiden Soal COVID-19: Banyak Cuci Tangan

Tim Editor

    Presiden Joko Widodo (Dok. Biro Pers Setpres)

    Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan, meminimalisir interaksi dengan orang lain jika tidak diperlukan, dan meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh agar tidak terinfeksi COVID-19.

    "Sejak awal saya sampaikan bahwa kita harus menjaga kebersihan, banyak cuci tangan. Jangan kontak (dengan orang lain) yang tidak perlu, kemudian menjaga tubuh lebih fit sehingga imunitas kita terjaga," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

    Menurut Presiden, Indonesia sudah mengantisipasi kedatangan virus ini dengan menyiapkan rumah sakit dengan ruang isolasi sesuai standar kesehatan internasional. Terdapat 100 rumah sakit yang memiliki ruang isolasi tersebut di Indonesia.

    Presiden menegaskan, pemerintah sejak awal benar-benar mempersiapkan diri menghadapi virus SARS-COV-2, misalnya menyiapkan lebih dari 100 rumah sakit dengan ruang isolasi yang standar WHO. 

    "Kita juga memiliki peralatan yang memadai sesuai dengan standar internasional. Kita juga memiliki persiapan untuk reagen yang cukup. Kita juga memiliki tim gabungan yang ini juga tidak pernah saya sampaikan, tim gabungan TNI, Polri, dan sipil dalam penanganan ini," jelas Presiden. 

    Pada bagian akhir penjelasan, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia juga memiliki standard operating procedure (SOP) yang memiliki standar sama dengan standar-standar internasional yang ada. 

    "Kita juga memiliki anggaran, anggarannya ada dan ini juga diprioritaskan untuk menangani ini. Karena kalau kita tidak serius menangani ini atau dianggap tidak serius, ini sangat berbahaya karena ini memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu hati-hati," tutur Presiden di akhir pernyataannya.


     

    Tag: covid-19 di indonesia

    Bagikan :