Tips Social Distancing Measure ala Anies Baswedan

| 15 Mar 2020 17:05
Tips <i>Social Distancing Measure</i> ala Anies Baswedan
Pemeriksaan Suhu Tubuh di Balai Kota (Diah Ayu/era.id)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing measure demi mencegah penularan virus korona baru atau COVID-19. Apakah itu?

"Social distancing measure adalah menjaga jarak antar warga, mengurangi perjumpaan, menghindari kontak fisik, menjauhi tempat-tempat perkumpulan orang banyak," ujar Anies lewat podcast di Instagram @aniesbaswedan.

Selain itu, Anies memberikan tips bagaimana melakukan social distancing measure. Pertama, jangan keluar rumah jika tidak ada urusan penting dan sebisa mungkin beraktivitaslah di dalam rumah. Kedua, hindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat penularan. Ketiga, tunda semua kegiatan berkumpul seperti arisan, pengajian, rapat-rapat, majelis taklim, dan lain sebagainya.

Keempat, tunda semua kegiatan keagamaan atau peribadatan. Lakukan kegiatan di rumah saja, tunda kegiatan bersifat bersifat bersama-sama hingga penangan COVID-19 terkendali.

Kelima, tunda kegiatan resepsi pernikahan. Jika sudah terlanjur, maka pihak penyelenggara harus melakukan langkah tegas dan disiplin yaitu harus ada petugas pemeriksaan suhu tamu sebelum masuk acara. 

Kemudian sediakan ruangan isolasi untuk tamu bila tidak sehat. Selanjutnya, sediakan hand sanitizer baik di pintu masuk maupun luar. Terakhir adalah tidak boleh berjabat tangan dan sebisa mungkin lakukan interaksi tanpa sentuhan.

Keenam, mengajak para orang tua untuk mengingatkan anak-anak agar tidak berpergian. Ketujuh, usahakan untuk tidak berpergian keluar kota dan tunda rencana pulang kampung sampai kondisi penularan aman terkendali.

Selain itu, Anies juga memberikan tiga tips yang harus dilakukan oleh semua masyarakat yaitu:

1. Cuci tangan dengan sabun secara rutin.

2. Hindari berjabat tangan dan gunakan metode lain.

3. Gunakan masker jika sedang flu atau batuk. Pastikan untuk tutup mulut dengan tisu dan lipatan sikut tangan apabila sedang bersin atau flu.

"Kita semua harus sadar bahwa COVID-19tidak terlihat, tapi bukan berarti tidak ada. Maka lakukan Social Distancing Measure yang tadi saya sebutkan yaitu menjauhi interaksi antarwarga secara amat disiplin. Kedisiplinan adalah kunci dan dalam masa-masa wabah seperti ini jangan sungkan untuk menjaga jarak sosial hal itu dilakukan demi kebaikan kita semua," tutup Anies.

Rekomendasi