Rumah Sakit Darurat Pulau Galang Mulai Beroperasi Pekan Depan

| 01 Apr 2020 15:38
Rumah Sakit Darurat Pulau Galang Mulai Beroperasi Pekan Depan
Pembangunan Rumah Sakit (Dok. PUPR)
Jakarta, era.id - Presiden RI Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat dan Pusat Karantina Penanganan COVID-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau akan segera beroperasi pekan depan.

"Ini maksimal Senin sudah bisa dioperasikan," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers secara live streaming, Rabu (1/4/2020).

Jokowi mengakui ada kendala sehingga RSD Penanganan COVID-19 di Pulau Galang mengalami keterlambatan selama 4-5 hari. Hal itu disebabkan transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca.

Nantinya, RSD Penanganan COVID-19 di Pulau Galang ini akan berkapasitas 360 tempat tidur. Sedangkan untuk ruang isolasi akan ada 20 kasur di ICU dan 30 kasur di non-ICU. Jokowi mengatakan RSD Galang akan digunakan bagi para pekerja migran dari Malaysia yang kembali ke Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ini terdapat 3.000 pekerja migran yang kembali ke Indonesia dari Malaysia. Selain itu, pemerintah juga akan mengantisipasi tenaga kerja Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) yang diperkirakan ada 10.000 hingga 11.000 orang.

"Ini harus dikontrol, harus diawasi dan dicek sehingga semuanya dalam keadaan bersih dan tidak membawa korona masuk ke desa," kata Jokowi.

Dalam tinjauan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala BNPB Doni Monardo.

 

Rekomendasi