Menyulap Lippo Plaza Mampang Jadi Rumah Sakit Darurat COVID-19

| 01 Apr 2020 16:35
Menyulap Lippo Plaza Mampang Jadi Rumah Sakit Darurat COVID-19
Lippo Plaza Mampang seketika disulap menjadi rumah sakit COVID-19. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Sebuah mal yang terletak di Jakarta Selatan, Lippo Plaza Mampang seketika disulap menjadi rumah sakit. Kabarnya mal tersebut akan dijadikan rumah sakit darurat COVID-19. 

Kabar ini pertama kali muncul lewat unggahan Henry Riady yang merupakan putra bungsu dari James Riady, pemilik bisnis Lippo Group. Dalam unggahannya, Henry mengatakan bahwa Lippo Plaza Mampang akan disulap menjadi rumah sakit.

"Banyak yang tanya apa bener? iya Papa (James Riady) sama @carolineriady mengganti mmaal menjadi rumah sakit. Yup, they did. Ini untuk menyelamatkan kehidupan. Mal bisa dibangun lagi, tetapi nyawa tak bisa tergantikan," tulis Henry Riady pada akun Instagram pribadinya.

 

Unggahan yang dibagikan pada Selasa (31/3) malam itu pun tersebar luas ke publik dan menimbulkan berbagai respons tentang kebenaran kabar tersebut. Caroline Riady sendiri merupakan kakak sulung dari Henry, yang tak lain putri dari James Riady yang kini mengelola bisnis jaringan Rumah Sakit Siloam. Melansir dari bisnis.com, Caroline mengungkap bahwa ide ini bermula dari sang Ayah, James Riady.

"Ini sebenarnya hasil dorongan Pak James yang melihat kebutuhan makin membeludak dalam dua bulan ke depan. Jadilah mal menjadi ruang emergency (dibangun) dalam dua minggu," kata Caroline seperti dikutip dari bisnis.com.

Menurut Caroline, nantinya Lippo Plaza Mampang yang akan menjadi rumah sakit Siloam ini memiliki kapasitas hingga 415 tempat tidur. Untuk tahap awal, akan disediakan 180 tempat tidur untuk membantu masyarakat dan pemerintah menanggulangi pandemi global ini.

Selain itu, para tenaga medis yang dikerahkan di rumah sakit darurat ini akan diperbantukan dari tenaga medis di Rumah Sakit Siloam. Terlebih di lokasi tersebut juga telah tersedia Siloam Hospitals Asri.

"Tadinya hari ini mau buka dan terima pasien, tetapi ternyata sirkulasi udara ada yang perlu diperbaiki, jadi mungkin nunggu beberapa hari lagi," jelasnya.

Gerakan ini akan menambah daftar rumah sakit darurat COVID-19 yang dibangun, setelah Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. Selain Mampang, jaringan Siloam Hospital juga menjadi salah satu rujukan rumah sakit COVID-19 yang terletak di Kelapa Dua, Tangerang.

Tags : covid-19
Rekomendasi