Iran Kini Punya Satelit Militer

| 22 Apr 2020 16:29
Iran Kini Punya Satelit Militer
Ilustrasi (Antara)
Jakarta, era.id - Iran berhasil mengorbitkan satelit militer pertama mereka. Hebatnya, mereka meluncurkan sendiri satelit yang dinamakan Noor (cahaya) itu dengan roket Messenger buatan dalam negeri.

pasukan Pasukan Pengawal Revolusi Iran (IRGC) mengonfirmasi peluncuran satelit militer tersebut pada Selasa waktu setempat.

"Satelit militer perdana Iran, Noor, diluncurkan pagi ini dari Iran tengah dalam dua tahap. Peluncuran tersebut sukses dan satelit mencapai orbit," jelas stasiun TV pemerintah Iran, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/4/2020).

Teknologi yang digunakan dan apa saja fitur dalam satelit tersebut masih menjadi rahasia. Noor kini mengorbit 425 km di atas permukaan Bumi.

Peluncuran berlangsung pada saat hubungan Iran dan Amerika Serikat atas program nuklir dan rudal Teheran memanas dan beberapa bulan setelah jenderal besar Iran Qassem Soleimani terbunuh dalam serangan pesawat nirawak Amerika Serikat di Baghdad pada 3 Januari. Aksi balasan berupa seragan rudal ke pangkalan militer Iran terjadi setelahnya.

 

Tags : wiranto
Rekomendasi