Kim Jong Un Sedang Pemulihan di Wonsan

| 27 Apr 2020 12:47
Kim Jong Un Sedang Pemulihan di Wonsan
Kim Jong Un (Yonhap)
Jakarta, era.id - Korea Selatan meyakini kondisi Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un baik-baik saja saat ini. Menurut laporan intelijen Korea Selatan, Kim Jong Un dalam keadaan stabil dan sehat.

"Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hidup dan sehat," ujar seorang penasihat keamanan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Moon Chung-in seperti dikutip dari Straits Times, Senin (27/4/2020).

Pernyataan Korsel tersebut sekaligus menepis rumor tentang kesehatan Kim yang menyebut ia mengalami serangan jantung. Kim kini menjalani pemulihan di Istana Negara di Wonsan sejak 13 April. Wonsan adalah kota pelabuhan dan basis militer di Korea Utara bagian tenggara.

Citra satelit Amerika sebelumnya menangkap penampakan kereta api dinas milik Kim yang terparkir di stasiun khusus untuk Pemimpin Tertinggi. "Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," sambungnya.

Sedangkan Menteri Unifikasi Korsel Kim Yeon-chul mengatakan pemerintah Korsel yakin bahwa tak ada hal aneh terjadi. Kim Yeon-chul adalah menteri yang mengawasi keterlibatan dengan Korut.

"Pemerintah memiliki kemampuan intelijen untuk mengatakan hal tersebut dengan keyakinan, bahwa tidak ada yang tidak biasa sedang terjadi," katanya pada sebuah forum tertutup, di Seoul, baru-baru ini.

Spekulasi tentang kesehatan Kim mencuat sejak ketidakhadirannya pada perayaan ulang tahun pendiri Korea Utara Kim Il Sung yang juga kakeknya. Ia terakhir kali muncul pada 12 April saat inspeksi jet tempur milik Angkatan Udara negara berideologi sosialis itu.

 

Tags : kim jong un
Rekomendasi