Jalan Raya Puncak Ditutup 10 Hari ke Depan

| 06 Feb 2018 20:02
Jalan Raya Puncak Ditutup 10 Hari ke Depan
Evakuasi Korban Longsor Riung Gunung (Yasir/era.id)
Bogor, era.id - Proses normalisasi bencana longsor di wilayah Puncak, Bogor diperkirakan akan memakan waktu selama sepuluh hari. Artinya, selama itu juga Jalan Raya Puncak kemungkinan akan ditutup.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi selepas melakukan pertemuan dengan sejumlah lembaga terkait di salah satu titik longsor di Riung Gunung, Puncak, Bogor, Selasa (6/2/2018).

"Intinya, untuk penanganan longsor yang ada di Puncak sampai dengan ke Cianjur, dari hasil kesepakatan kita akan ada sepuluh hari untuk penanganan yang di Bogor," katanya.

Secara spesifik, jalur Jakarta-Cianjur dan sebaliknya akan ditutup dari Ciloto hingga Gunung Mas. Menurut Budi, penanganan longsor di wilayah Cianjur akan memakan waktu lebih lama karena membutuhkan penanganan lebih.

"Untuk yang di Cianjur kemungkinan akan lebih lama, karena kita membutuhkan sounder, dan itu sudah dilakukan oleh badan geologi. Karena informasinya di jalan tersebut ada keropos," kata Budi.

Berdasar pantauan era.id, hingga malam hari 19.54 WIB, arus jalan menuju puncak masih di tutup. Terlihat beberapa petugas masih melakukan sterilisasi jalan di dekat lokasi longsor.

Proses sterilisasi dan normalisasi sendiri terhalang oleh faktor cuaca hujan dan berkabut. Akibatnya, proses normalisasi sempat dihentikan beberapa kali.

Bahkan, tim gabungan memutuskan untuk menunda evakuasi tiga korban yang diduga masih tertimbun longsor hingga esok.

Tags : cuaca ekstrem