Manfaat Tapera untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Tim Editor

Dok. BP Tapera

Jakarta, era.id - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera mengungkapkan peserta Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang telah memiliki rumah dapat menikmati fasilitas renovasi dan bahkan bisa memperoleh pembiayaan untuk pembangunan rumah jika sudah memiliki tanah sendiri.

"Ada tiga layanan yang kita berikan kepada yang berhak menerima manfaat dalam hal ini Masyarakat Berpengasilan Rendah (MBR) dengan gaji antara Rp4 juta sampai dengan Rp8 juta," ujar Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (5/6/2020).

Adi mengatakankalau pekerja MBR sudah memiliki rumah ada lagi fasilitas untuk melakukan renovasi rumah, dan kalau sudah memiliki tanah sendiri ada fasilitas pinjaman untuk membangun rumah yang disalurkan melalui perbankan atau lembaga keuangan non-bank yang bergerak di pembiayaan.

BP Tapera sendiri mempersilakan masyarakat untuk mengajukan permohonan, nanti penyalurannya melalui bank atau lembaga pembiayaan non-bank. Tugas BP Tapera hanyalah dari sisi penyediaan likuiditas.

"Jadi ada tiga layanan yang kita berikan kepada nasabah Tapera yang berhak untuk menikmati fasilitas pembiayaan," kata Komisioner BP Tapera tersebut.

Sebelumnya Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera menyebut sejumlah kriteria atau persyaratan bagi peserta yang ingin memiliki rumah yakni memiliki penghasilan maksimal Rp8 juta dan belum pernah memiliki rumah pribadi.

Peserta yang memenuhi kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yaitu berpenghasilan maksimal Rp8 juta dan belum memiliki rumah berhak mengajukan manfaat pembiayaan perumahan dengan bunga murah untuk membeli rumah menggunakan skema KPR berdasarkan prioritas yang akan ditetapkan oleh BP Tapera sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam PP Penyelenggaraan Tapera.

Manfaat pembiayaan ini dapat diajukan oleh Peserta yang memenuhi kriteria setelah satu tahun masa kepesertaan melalui berbagai pilihan bank dan lembaga pembiayaan lainnya. Tapera memberikan fleksibilitas pembiayaan dengan prinsip plafon kredit yang ditetapkan sesuai standar minimum rumah layak huni.

Tag: tapera

Bagikan: