Kemlu Tanggapi Soal Video WNI Pukul KO Pria Rasis di AS

| 10 Jun 2020 22:00
Kemlu Tanggapi Soal Video WNI Pukul KO Pria Rasis di AS
Perkelahian pemuda yang diduga WNI dengan warga AS. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Kementerian Luar Negeri angkat bicara terkait viralnya sebuah video yang memperlihatkan pria diduga warga negara Indonesia (WNI) memukul KO (knock-out) pria rasis di Amerika Serikat.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha dalam konferensi pers virtual mengatakan, hingga saat ini pihaknya tidak bisa mengonfirmasi bahwa pemuda tersebut adalah seorang WNI.

"Berdasarkan pendalaman yang dilakukan oleh seluruh perwakilan RI di AS bekerja sama dengan komunitas Indonesia di sana, hingga saat ini kami tidak dapat mengonfirmasi bahwa yang bersangkutan adalah WNI," ujar Judha, seperti dikutip Antara, Rabu (10/6/2020).

Video berdurasi 44 detik itu dibagikan oleh pengguna Twitter @henrysubiakto. Ia memberi keterangan bahwa pemuda tersebut merupakan mahasiswa Indonesia.

"Mahasiswa Indonesia di AS ini diserang mahasiswa kulit putih. Si Bule tdk nyangka kalau anak Indonesia itu sejak SMA sdh terbiasa tawuran." 

 

Aksi baku hantam ini terjadi di sebuah jalan raya. Pemuda kulit putih yang mengenakan kaus abu-abu itu terdengar melontarkan kata-kata rasis yang mengancam pemuda Asia berkemeja hitam. Pria kulit putih itu sempat melontarkan tendangan ke arah lawannya yang terus bergerak mundur, menolak untuk mencoba menenangkannya.

Pria dengan kemeja hitam sempat mengeluarkan taser gun atau penyengat untuk mencegah pria kulit putih itu menyerangnya.

Keduanya akhirnya baku hantam selama beberapa saat di tengah jalan, dan berakhir setelah pria kulit putih yang memprovokasi roboh terkena pukulan dari lawannya.

Tags : kemlu
Rekomendasi