Anies dan Susi Groundbreaking Pasar Ikan Modern

| 08 Feb 2018 18:07
Anies dan Susi <i>Groundbreaking</i> Pasar Ikan Modern
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti beserta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (8/2/2018).

Anies yakin, suasana PIM Muara Baru akan setara dengan pasar ikan modern yang ada di luar negeri. Dia menjelaskan, meski disebut pasar, nanti kondisinya jauh dari kotor dan bau.

"Kita punya harapan besar. Mudah-mudahan, nanti fish market ini bisa setara dengan pasar pasar ikan, misalnya Sidney Fish Market atau seperti di Jepang," ungkap Anies saat pembukaan, Kamis (8/2/2018). 

Berdiri di lahan seluas 22.444 meter per segi milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), rencananya pasar ikan modern ini juga akan berisi 900 lapak basah dan 155 kios. 

"69 kios pasar kering, 18 kios pancing, dan 68 kios ikan segar," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo.

Ditargetkan selesai pada Desember 2018, PIM Muara Baru akan berisi sejumlah fasilitas ala mal, di antaranya layanan perbankan, chilling room, pengepakan ikan, gardu PLN, dan instalasi pengelolaan air limbah.

Tujuan berdirinya PIM Muara Baru, lanjut Nilanto, untuk mendukung meningkatnya perekonomian, produktivitas, dan nilai tambah produk perikanan. Selain itu, untuk mengembangkan sentra bisnis kelautan, perikanan dan meningkatkan angka konsumsi ikan.