Begini Penampakan Musofa, Badak Jawa yang Terekam Kamera Pengintai

| 29 Jun 2020 21:01
Begini Penampakan Musofa, Badak Jawa yang Terekam Kamera Pengintai
Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) berhasil terekam kamera pengintai. (Foto: Antara)
Jakarta, era.id - Penampakan hewan langka berupa badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) berhasil terekam kamera pengintai. Kabar gembira ini disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Dalam video berdurasi 2 menit 15 detik itu, badak Jawa bernama Musofa tersebut berguling-guling di kubangan air terjun Blok Cigenteur, Taman Nasional Ujung Kulon. Musofa merupakan seekor badak Jawa jantan yang diperkirakan berusia 7 tahun.

"Ini namanya Musofa. Seekor badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) yang tertangkap kamera video trap dengan durasi 2 menit 15 detik di kubangan air terjun Blok Cigenteur Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK)," ujar Siti dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/6/2020).

Siti menjelaskan, Musofa pertama kali teridentifikasi sebagai individu badak ke-56 pada 16 Maret 2013. Hal itu terungkap lewat video trap pada kegiatan monitoring badak Jawa di Blok Cihandeuleum grid 35AN.

 

Aktivitas berkubang yang dilakukan Musofa, kata Siti, mempunyai manfaat untuk menjaga suhu dan kelembaban tubuh, pemenuhan mineral, mengurangi parasite, serta untuk beristirahat. Biasanya kegiatan itu dilakukan setidaknya dua kali dalam sehari dengan durasi terlama sampai dengan tiga jam.

"Populasi Badak Jawa di Indonesia sampai dengan tahun 2019 sebanyak 72 individu dengan komposisi 39 jantan dan 33 betina," papar Siti.

Politikus NasDem ini menambahkan, upaya konservasi badak Jawa di TNUK dilakukan melalui perlindungan dan pengamanan kawasan taman nasional melalui patroli rutin.

Selain itu, dilakukan monitoring Badak dan pembinaan habitat (Rhino Monitoring Unit), penanaman, dan pemeliharaan pakan Badak Jawa di Semenanjung Ujung Kulon, serta berbagai upaya lainnya.

Siti juga mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan badak Jawa, mengingat semakin langkanya populasi badak Jawa di Indonesia.

"Yuk kita terus jaga dan sayangi Musofa dan kawan-kawannya. Menjaga dan mencintai mereka sama dengan menjaga dan mencintai Indonesia," pungkasnya.

Tags : hewan langka
Rekomendasi