Gunung Sinabung Erupsi, Peringatan Merah Penerbangan

| 19 Feb 2018 11:12
Gunung Sinabung Erupsi, Peringatan Merah Penerbangan
Gunung SInabung erupsi
Jakarta,era.id - Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi besar. Letusan abu vulkanik mencapai 5 km yang disertai gemuruh dan awan panas.

Seperti dilihat era.id, dari akun Twitter pribadinya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Gunung Sinabung mengalami erupsi besar. Kepulan abu vulkanik membumbung tinggi di langit Sumatera Utara.

Sutopo juga menuliskan, Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) atau level peringatan bagi penerbangan dalam status merah. Di mana tinggi kolom abu vulkanik mencapai 5 km dari permukaan laut dan mengarah ke Timur Laut.

"VONA Gunung Sinabung dinaikkan RED terkait letusan Gunung Sinabung pagi ini. Tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 m disertai suara gemuruh dan disertai awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejauh 3.500 m dan ke arah selatan sejauh 4.900 m," tulis Sutopo, Senin (19/2/2018).

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa erupsi Gunung Sinabung itu. Namun BNPB memperkirakan sejumlah wilayah di sekitar Gunung Sinabung akan mengalami hujan abu.

"Gunung Sinabung meletus dengan tinggi kolom abu vulkanik 5 km dan disertai luncuran awan panas 3,5-4,9 km. Tidak ada korban jiwa," tambah Sutopo.

Rekomendasi