Longsor di Brebes, 5 Orang Tewas Tertimbun

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Situasi tanah longsor di Brebes (Foto: istimewa)

Jakarta, era.id - Tim gabungan tengah berjibaku mengevakuasi korban tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes, Jawa Tengah. Lima orang ditemukan tewas dan 15 orang masih dikabarkan hilang akibat musibah longsor ini.

"15 orang hilang yang diduga tertimbun longsor dan 14 orang selamat dalam kondisi luka-luka. Korban 5 meninggal adalah Karsini, Sapto, Wati, Radam, dan Kiswan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/2/2018).

Sutopo menjelaskan, tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas serta masyarakat terus bekerja sama mengevakuasi korban yang tertimbun. Medan yang berat ditambah kondisi cuaca yang mendung dan material longsor yang gembur mempersulit alat berat untuk melakukan evakuasi. 

"Tim SAR kesulitan mencari korban karena tanah masih bergerak, material longsor gembur, tebal dan cukup luas. Alat berat belum dapat digunakan untuk mencari korban. Cuaca mendung berpotensi hujan juga dapat menyulitkan pencarian korban," jelas Sutopo.

BPBD Kabupaten Brebes sedang mengajukan penetapan status tanggap darurat bencana longsor kepada Bupati Brebes. Selain itu tim juga terus melakukan pendataan terkait adanya korban hilang melalui laporan warga.

Sutopo juga mengimbau warga sekitar untuk tidak mendekati wilayah lokasi longsor, hal ini dikhawatirkan dapat memicu longsor susulan. 

"Masyarakat diimbau untuk tidak mendekati lokasi longsor karena berbahaya adanya longsor susulan. Apalagi jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan mudah terjadi longsor susulan," tambahnya.

Bagikan: