Agus Sikapi Perkembangan E-Commerce

| 11 Mar 2018 22:51
Agus Sikapi Perkembangan <i>E-Commerce</i>
Agus Harimurti Yudhoyono pidato di Rapimnas Partai Demokrat, Minggu (11/3/2018) (Tasya/era.id)
Bogor, era.id - Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, siap menyikapi perubahan lanskap ekonomi dari konvensional ke era digital. 

Agus mengatakan itu saat memberikan pidato politik sekaligus penutupan Rapimnas Partai Demokrat, Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/3/2018).

"Apa saja konsekuensi dari ekonomi baru dan bisnis online? Banyak yang akan kehilangan pekerjaan. Berarti akan potensi munculnya konflik dan benturan di antara anggota masyarakat (atas peningkatan pengangguran tersebut)," ujar Agus dalam pidatonya.

Putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ini mengatakan, inovasi usaha dan teknologi akan terus berkembang. Karenanya, ini dapat mengancam masyarakat yang tidak mampu beradaptasi.  Apalagi, robot-robot canggih dan artifisial mulai mengambil alih berbagai tugas, fungsi dan pekerjaan manusia.

"Mereka hanya akan menjadi penonton, bahkan pecundang. Sebaliknya mereka yang berani keluar dari zona nyaman, serta mampu mengubah tantangan menjadi peluang, mereka akan sukses, dan keluar sebagai pemenang," kata Agus.

Guna mengatasi itu, dia berpendapat, pemerintah didorong untuk segera menyiapkan tenaga kerja yang lebih terampil.

"Era baru ini akan menghadirkan tantangan sekaligus peluangnya. Diperlukan kesiapan dan fighting spirit bangsa, untuk kita bisa sukses dan menang, di era globalisasi dan revolusi teknologi ini," kata dia.

Rekomendasi