Pemprov akan Pasang Jaring-jaring Sampah

| 18 Mar 2018 14:26
Pemprov akan Pasang Jaring-jaring Sampah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Leo/era.id)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki sejumlah rencana untuk mengatasi masalah sampah di Teluk Jakarta, Muara Angke. Dia akan menyiapkan jaring-jaring di aliran sungai untuk menjaring sampah agar tidak terbawa hingga ke laut.

"Nanti akan siapkan jaring-jaring untuk menjaring sampah yang keluar dari sungai-sungai di DKI," kata Anies di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).

Anies menjelaskan, pemasangan jaring sampah ini akan terpasang di sejumlah titik sepanjang aliran sungai menuju ke muara. Tak hanya itu, dirinya juga akan berkoordinasi dengan para stakeholder terkait pemasangan jaring sampah.

"Bukan hanya di teluk, nanti pemasangan jaring-jaring itu sepanjang sungai sampai ke muara, sehingga bukan hanya di ujungnya. Kalau hanya di ujung saja nanti berat dan menumpuk," jelas Anies.

"Kita harapkan juga sungai-sungai di kanan kiri Jabodetabek juga ikut membuat jaring-jaring yang sama," imbuhnya.

Untuk menyiapkan hal ini, Anies mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dirinya menyebut jaring sampah itu akan disiapkan oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Saya sudah bicara dengan Bu Susi kita akan mendapatkan jaring-jaring juga nanti dari KKP yang akan dipakai untuk menghentikan sampah-sampah agar tidak sampai mengalir ke muara," tambah Anies.

Dirinya menambahkan, jumlah sampah yang terkumpul di Ibu Kota mencapai 7 ribbu ton. Dinas Lingkungan Hidup Jakarta berjibaku untuk membersihkan sampah-sampah itu.

"Sebenarnya kalau jumlah ton nya, sampah per hari gitu 7.000 ton ya Jakarta. Memang kotor dan harus bersihkanlah, biar LH akan bersihkan," tambah Anies.