150 Paus Pilot Terdampar di Australia

Tim Editor

    Paus terdampar (ABC News)

    Australia, era.id - Sebanyak 150 ekor Paus Pilot terdampar di Pantai Hamelin Bay, Australia Barat. Entah apa yang menyebabkan paus-paus itu terdampar di pantai, namun sebagian besar Paus dalam keadaan sekarat.

    Dilansir dari Reuters (23/3/2018) paus-paus itu terdampar di Pantai Hamelin Bay atau 315 km dari Kota Perth Australia Barat. Departemen konservasi dan penyelamatan setempat terus berusaha mengevakuasi hewan-hewan mamalia air itu.

    "Sebagian besar paus telah mati, setelah terdampar di daratan yang kering sejak semalam," kata Jeremy Chick, petugas departemen konservasi Australia Barat seperti dikutip Reuters.

    Diketahui, paus-paus itu tengah bermigrasi untuk mencari makan di perairan utara. Namun terdamparnya ratusan paus di pantai merupakan hal yang tidak biasa, apalagi dalam jumlah yang besar.

    "Kami jelas menangani dan perawatan hewan-hewan itu, serta menyelamatkan hewan yang masih hidup jika memungkinkan," kata tim penyelamat dari pihak konservasi, Ben Tonnock.

    Manajer Pantai Hamelin Bay Holiday Park, Melissa Lay mengatakan bahwa ini kali kedua paus-paus terdampar di pantai setelah 15 tahun lalu. Saat itu ratusan Paus Pilot terdampar di sisi utara Pantau Hamelin Bay.

    "Kejadian ini pernah terjadi sebelumnya pada tahun 1996, sebanyak 320 Paus Pilot bersirip panjang terdampar di utara Hamelin Bay," kata Melissa kepada Reuters.

    Terdamparnya paus-paus di pantai menarik perhatian sejumlah Hiu yang mendekati area pantai. Hiu-hiu itu tertarik dengan paus yang mati. 

    Pihak keamanan setempat telah mengeluarkan peringatan bagi warganya untuk tidak pergi memancing dan menjauhi perairan dangkal.

    "Ada kemungkinan hewan mati dan sekarat akan bertindak sebagai atraktan, yang dapat menyebabkan hiu mendekat ke pantai di sepanjang bentangan pantai ini," kata Departemen Industri Primer dan Pembangunan Daerah dalam sebuah pernyataannya.

    Tag: paus

    Bagikan :