Sejumlah Bandara Indonesia Ikut Earth Hour

| 24 Mar 2018 18:41
Sejumlah Bandara Indonesia Ikut <i>Earth Hour </i>
Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - PT Angkasa Pura II (Persero) mengurangi pemakaian lampu pada 15 bandara yang dikelola dalam rangka ikut serta kampanye global Switch Off Earth Hour 2018, Sabtu, sekitar pukul 20.30 malam ini.

Executive General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan mengatakan, kampanye ini adalah misi untuk menghemat energi.

"Bandara Soekarno-Hatta termasuk bandara generasi milenial. Artinya sudah berteknologi modern. Tentunya kami turut serta, tetapi hanya mengurangi, tentu yang tidak akan mempengaruhi jadwal atau operasional penerbangan bandara," ujar Suriawan dilansir Antara, Sabtu (24/3/2018).

Untuk menunjukkan dukungannya terhadap kampanye lingkungan global, pengalihan hanya akan diterapkan pada beberapa bagian bandara. 

"Kita mengurangi penggunaan lampu pada pukul 08.30 sekitar satu jam," katanya.

Khusus Bandara Soekarno-Hatta, ada beberapa titik yang menjadi pusat untuk kampanye. Yaitu pada patung Soekarno-Hatta, gapura, lampu di lokasi parkir kendaraan bahkan tower ATC meski hanya beberapa menit saja.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, sebanyak 14 bandara lain dalam pengelolaan PT Angkasa Pura II juga melakukan kampanye ini.

Di antaranya, Halim Perdanakusuma Jakarta, Kualanamu Medan, Supadio Pontianak, Minangkabau Padang, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dan Husein Sastranegara Bandung;

Kemudian, Sultan Iskandarmuda Banda Aceh, Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Sultan Thaha Jambi, Depati Amir Pangkal Pinang, Silangit Tapanuli Utara, Banyuwangi, dan Kertajati Jawa Barat.

"Pemahamannya bukan berarti semua, karena akan mempengaruhi operasional bandara. Kami berharap pengguna jasa mengerti dengan adanya beberapa titik tersebut yang dialihkan," ujarnya lagi.

Rekomendasi