Kebakaran di Kembangan Utara Diinvestigasi

| 30 Mar 2018 13:23
Kebakaran di Kembangan Utara Diinvestigasi
Kebakaran Kembangan Utara, Jakarta Barat. (Foto: Kominfotik DKI Jakarta)
Jakarta,era.id - Polisi sedang menyelidiki penyebab kebakaran di Perumahan Taman Kota Blok A-1, Kembangan Utara, Jakarta Barat pada Jumat (29/3) malam. Kebakaran ini berdampak pada 300 rumah dengan 600 kepala keluarga atau sekitar 2500 jiwa. Dua orang di antaranya meninggal dunia.

"Kita tidak bisa menduga-duga. Ya kita turunkan tim forensik untuk untuk memastikan titik api dan awal mula kebakaran," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi saat dikonfirmasi, Sabtu (30/3/2018).

Terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, selain investigasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memberikan santunan untuk dua korban meninggal dunia ini.

"Tentu akan ada santunan tapi yang penting juga di sini sedang dilakukan proses investigasi untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya," kata Anies di lokasi.

Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengganti surat berharga para warga yang terbakar akibat ini. Anies menilai surat menjadi kebutuhan dasar yang akan membuat warga kesulitan jika tidak memiliki surat-surat tersebut. Dia pun menginstruksikan lurah setempat untuk mempermudah dalam mengembalikan surat-surat tersebut kepada pemiliknya. 

"Kartu keluarga, ijazah, akta, buku nikah, kita bantu semuanya nanti termasuk biayanya sehingga gratis," tutup Anies.

Selain itu, untuk membantu para korban, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 2.500 makanan dan sudah didistribusikan sehingga kebutuhan pangan di sana terjamin. 

Tidak hanya itu, Pemprov DKI Jakarta juga memastikan bantuan sandang seperti pakaian, selimut, dan seragam sekolah tersalurkan dengan baik kepada korban. 

"Sudin sosial juga sudah menyiapkan tempat pengungsian bagi korban kebakaran, mulai dari musholah, balai RW, dan disiapkan pula tenda-tenda yang merupakan bantuan dari TNI untuk membantu para korban," jelasnya.

Rekomendasi