Jalur Puncak Pass Mulai Dibuka

| 30 Mar 2018 13:46
Jalur Puncak Pass Mulai Dibuka
(Foto: Twitter @KemenPU)
Cianjur, era.id - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto memastikan perbaikan jalan Puncak Pass-Cianjur, Jawa Barat, tuntas menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018. Saat ini, jalan tersebut sudah dapat dilalui, tapi harus hati-hati dan secara bergantian.

"Kami akan coba hari ini, untuk dapat dilalui kendaraan dengan sistem satu arah bergantian. Berdasarkan kajian bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perbaikan akan selesai sebelum hari raya beberapa bulan ke depan," katanya dilansir dari Antara, Jumat (30/3/2018).

Dia menjelaskan, kendaraan yang dapat melintas di jalur tersebut masih terbatas, yaitu jenis roda dua dan roda empat berpenumpang. Sedangkan kendaraan berat seperti truk dan bus belum dapat melintas sampai perbaikan jalan tuntas.

Proses perbaikan tebing yang kembali longsor akan tetap dilakukan, meskipun kendaraan tetap melintas. Rencananya untuk memperkuat landasan jalan pihak Kementerian PUPR akan memapras lereng di bagian kiri agar landasan jalan lebih kuat.

 

Dengan demikian beban di bahu jalan sebelah kanan dapat berkurang dengan pemaprasan tebing di sebelah kiri jalan yang akan dilalui kendaraan. 

"Tebing yang nyaris membuat jalan ambrol dapat diperbaiki tanpa beban di atasnya," kata Agung.

Dia menambahkan, mulai hari ini jalur Puncak akan dibuka kembali dengan sistem buka tutup satu arah di lokasi bencana alam sehingga jalur tersebut tetap dapat dilalui kendaraan dari kedua arah secara bergantian.

"Hari ini akan kami kordinasikan agar secepatnya dibuka kembali jalur tersebut karena selama ini Jalur Puncak-Cianjur merupakan jalur favorit wisatawan untuk menghabiskan libur panjang," katanya.

Sementara pihak BBPJN VI Jakarta, Suyono mengatakan berdasarkan hasil kajian dan masukan, Menteri PUPR menyarankan untuk menggunakan beton ringan pada perbaikan jalan yang bagian tebingnya kembali longsor di Puncak Pass.

"Agar alam tidak terbebani akan dilakukan pengecoran dengan beton ringan serta dilakukan pemaprasan tebing sebelah kiri jalan yang longsor untuk dibangun landasan jalan baru sehingga tebing yang sedang diperbaiki tidak kembali longsor," katanya.

Tags :
Rekomendasi