Waspadai Puncak Arus Balik Libur Paskah

| 01 Apr 2018 13:38
Waspadai Puncak Arus Balik Libur Paskah
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Untuk kalian yang menikmati libur panjang Paskah dan akan kembali ke Jakarta, bersiap-siap untuk menghadapi kemacetan. Pasalnya, PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik libur paskah 2018 akan terjadi pada hari ini, Minggu (1/4/2018).

Jasa Marga mencatat, terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sebanyak 90.000 kendaraan, atau naik 19,66 persen dari lalin normal yakni sebanyak 75.000 ribu kendaraan.

"Kemarin, Sabtu (31/3) sudah mulai terlihat dominan lalu lintas arus balik ke arah Jakarta melalui GT Cikarang Utama, yang tercatat sebanyak 72.900 kendaraan atau naik sebesar 19,9 persen dari lalin normal (60.800 kendaraan)" kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulisnya yang diterima era.id, Minggu (1/4/2018).

Heru menambahkan, pada Sabtu kemarin, kendaraan arah Cikampek yang melalui GT Cikarang Utama terpantau 63.600 kendaraan atau naik sebesar 1,4 persen dari lalin normal (62.750 kendaraan).

Untuk mengurai kemacetan, Jasa Marga melakukan optimalisasi kapasitas lajur dengan melakukan rekayasa lalu lintas dan contraflow berdasarkan diskresi Kepolisian. 

Selain itu, juga dilakukan pengalihan lalin ke GT Cikarang Barat 2 dan 4, serta pengalihan lalin ke jalan arteri alternatif jika diperlukan. Sejumlah gardu juga akan dioperasikan untuk mengantisipasi peningkatan kapasitas transaksi dan buka tutup rest area, agar tidak terlalu padat.

"Peningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan mengoperasikan 29 gardu di GT Cikarang Utama arah Jakarta (pemanfaatan gardu reversible dan portable)" ujar Heru.

"Juga ada penanganan kepadatan di rest area dengan melakukan pengaturan buka-tutup Rest Area Km 62, Km 52 dan Km 42 jika terjadi antrean kendaraan di rest area," sambungnya

Untuk itu, agar terhindar dari kemacetan, Heru mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan kembali ke Jakarta, baik dari segi waktu maupun jalur alternatif yang dapat digunakan. 

Jasa Marga prediksi titik kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang akan terjadi pada titik-titik sebagai berikut, Simpang Susun Dawuan karena adanya arus lalin dari Cipali dan Purbaleunyi; Rest Area Km 62; Rest Area Km 52; Km 47 karena adanya awal pekerjaan proyek Jakarta Cikampek II Elevated; Rest Area Km 42-GT Cikarang Utama.

Rekomendasi