Video Diduga Serda Kom Purwanto Gendong Bayi sebelum KRI Nanggala Tenggelam, Cek Faktanya

| 30 Apr 2021 12:41
Video Diduga Serda Kom Purwanto Gendong Bayi sebelum KRI Nanggala Tenggelam, Cek Faktanya
Viral video hoaks diduga Serda Kom Purwanto. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah akun Tiktok bernama @hihihikkkkkk mengunggah video berdurasi 29 detik yang memperlihatkan seorang pria yang menangis sambil memeluk bayi yang baru lahir. 

Video tersebut juga menyertakan penjelasan bahwa lelaki yang ada dalam video tersebut adalah Serda Kom Purwanto, salah satu awak kapal KRI Nanggala-402.

"Saat-saat terakhir Serda Kom Purwanto memeluk buah hatinya yang baru lahir yang seakan-akan sang bayi merasakan bahwa pelukan sang ayah yang pertama sekaligus yang terakhir hingga sang buah hati menangis tak mau lepas dari pelukan sang ayah. Semoga istiqomah," tulis narasi pada video tersebut.

Namun, setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya video tersebut merupakan hoaks.

Dian Arisa, istri dari Serda Kom Purwanto membantah bahwa lelaki yang ada dalam video tersebut merupakan Almarhum suaminya. Dian menjelaskan bahwa ia bersama Almarhum suaminya tidak memiliki anak yang masih bayi.

"Pak Pur punya dua putri, usianya yang pertama 9 tahun, dan anak kedua baru 5 tahun. Saya saja baru tau kalau ada video viral mengatasnamakan suami saya. Tapi itu tidak benar," ucapnya.

Untuk itu, klaim mengenai video prajurit KRI Nanggala 402 yang menggendong bayinya sebelum berlayar merupakan hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

Rekomendasi