Bukan Bitcoin Atau Dogecoin, Aset Kripto Ini Harganya Rp61 Juta

| 11 May 2021 07:16
Bukan Bitcoin Atau Dogecoin, Aset Kripto Ini Harganya Rp61 Juta
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Aset kripto Ethereum mencatatkan kenaikan harga tertingginya sepanjang sejarah atau all time high (ATH) melewati Rp61,7 juta pada 10 Mei 2021 atau naik dua kali lipat dalam waktu kurang lebih satu bulan.

CEO Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Senin (10/5) menyatakan, hampir setiap hari Ethereum mencapai harga tertingginya, dalam beberapa waktu terakhir hanya turun sedikit dan beberapa kali saja.

Pada awal April 2021, Ethereum hanya Rp30 juta, dalam beberapa hari, kemudian meningkat menjadi Rp40 juta dan akhir bulan yang sama meningkat menjadi Rp50 jutaan dan kemudian menembus Rp60 jutaan.

“Ethereum sudah menembus 2 kali lipat dari harga ATH Rp30 juta. Kini, harganya sudah melewati Rp60 juta. Wajar bila kenaikannya fantastis karena Ethereum sedang ramai digunakan,” kata Oscar dalam keterangannya.

Ethereum merupakan aset kripto yang memiliki fundamental yang menyediakan jaringan untuk melahirkan aset kripto baru dan proyek blockchain baru, tambahnya, meski, sudah memiliki banyak pesaing, Ethereum tetap saja masih populer.

Faktor meningkatnya harga Ethereum masih sama dengan sebelumnya. Platform Decentralized Finance (DeFi) dan sistem pelelangan non-fungible token (NFT) sedang booming.

"Dua platform tersebut banyak menggunakan jaringan Ethereum. Bahkan, NFT banyak menggunakan aset kripto Ethereum dalam pembelian produk dan jasa yang dilelang," katanya

Jika dilihat dari awal tahun 2021, kenaikan Ethereum sekitar 6 kali lipat dari semula Rp10 juta, menurut dia, kenaikan itu lebih tinggi dari Bitcoin yang hanya sekitar 2 kali lipat. Bitcoin pada awal tahun hanya Rp400 juta dan saat ini Rp860 jutaan.

Oscar menyatakan menariknya, meski sudah di level tertinggi, Ethereum kemungkinan besar masih akan naik lagi. Terlebih Ethereum sedang melakukan upgrade atau berevolusi ke Ethereum 2.0. Ethereum akan melakukan banyak pembenahan.

“Selain itu, juga ada upgrade EIP-1159 yang akan terjadi pertengahan tahun ini. Ethereum akan melakukan burn atau pembakaran untuk mengurangi pasokan maksimalnya di masa mendatang,” katanya.

Dikatakannya, selain Ethereum, Dogecoin (DOGE) juga tercatat meningkat fantastis dari awal April 2021 mencapai 10 kali lipat dari Rp1000an meningkat menjadi Rp10.800 yang merupakan harga tertingginya sepanjang sejarah.

Menurut Oscar Darmawan, tahun ini merupakan masa altcoin season dimana altcoin kemungkinan besar akan meningkat drastis pada tahun ini. Karena ekosistem blockchain yang terus berkembang.

Rekomendasi