Video Presiden Putin Bertemu Erdogan di Turki Bahas Palestina Beredar, Cek Faktanya

Tim Editor

Hoaks Putin bertemu Erdogan bahas Palestina. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar di media sosial sebuah video yang diklaim sebagai Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Turki untuk membahas konflik yang terjadi di Palestina bersama Presiden Recep Tayyip Erdogan. Salah satunya diunggah oleh akun Twitter Ruwet.

Dalam video yang beredar memperlihatkan kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin di Turki, untuk bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan narasi sebagai berikut:

"Presiden Putin tiba di Turki untuk membahas Palestina bersama Erdogan."

Namun, setelah ditelusuri, dikutip dari Tim Anti Hoax ANTARA, klaim adanya video kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin di Turki, untuk bertemu Presiden Turki Recep Tayyip untuk membahas Palestina merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, video itu merupakan video tahun 2018 sebelum konflik yang kembali memanas di Jerussalem dan Jalur Gaza sejak awal Mei 2021.

Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin memang sempat membahas ketegangan di Gaza dan Yerusalem pada 12 Mei 2021. Namun, komunikasi tersebut dilakukan kedua Kepala Negara itu melalui telepon.

Video yang sama, diunggah oleh kanal Youtube Radio Free Europe/Radio Liberty pada 3 April 2018 dengan judul “Erdogan Welcomes Putin On Ankara Visit”.

“Russian President Vladimir Putin arrived on April 3 on an official visit to the Turkish capital, Ankara, where he appeared with Turkish President Recep Tayyip Erdogan outside the Presidential Palace. (Presiden Rusia Vladimir Putin tiba pada 3 April dalam sebuah pertemuan resmi ke Ibu Kota Turki, Ankara, lokasi pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di luar Istana Presiden),” demikian isi keterangan video tersebut.

Sementara itu, Presiden Erdogan dan Presiden Putin membahas ketegangan di Gaza dan Yerusalem via telepon, menurut kepresidenan Turki pada Rabu, saat Ankara mengupayakan aksi internasional melawan Israel. 

Erdogan mengatakan kepada Putin bahwa masyarakat internasional perlu “memberitahu teguran pencegahan” kepada Israel, menambahkan bahwa Ankara sedang berupaya menggerakkan aksi ini, demikian pernyataan dari kantor presiden. 

Turki juga menyerukan tugas yang harus dilakukan tentang pengerahan penjaga perdamaian internasional ke kawasan tersebut guna membantu melindungi rakyat Palestina, sebuah usulan Turki yang dibuat sejak 2018.

 

 

Tag: berita hoaks vladimir putin rusia israel-palestina palestina israel recep tayyip erdogan turki cek fakta

Bagikan: