Vaksin AstraZeneca Diklaim Ampuh Lawan Varian Baru COVID-19 Asal India dan Inggris

| 24 May 2021 18:05
Vaksin AstraZeneca Diklaim Ampuh Lawan Varian Baru COVID-19 Asal India dan Inggris
Ilustrasi AstraZeneca. (Foto: Antara)

ERA.id - Vaksin AstraZeneca diklaim efektif melawan varian baru COVID-19 asal dua negara yakni Inggris B117 dan India B1617.

Dikutip dari keterangan tertulis Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) disebutkan, berdasarkan hasil studi terbaru yang dikeluarkan oleh Public Health England (PHE) atau lembaga kesehatan Inggris yang diterbitkan pada 22 Mei 2021, dua dosis vaksin AstraZeneca efektif mengurangi gejala kesakitan dari varian COVID-19 B117 sebanyak 66 persen.

Sementara satu dosis vaksin AstraZeneca 50 persen efektif mengurangi gejala dari varian COVID-19 B117 setelah tiga minggu disuntikan.

Selain itu, dua dosis vaksin AstraZeneca 60 persen efektif mengurangi gejala dari varian COVID-19 B1617 asal India. Sedangkan satu dosis vaksin AstraZeneca efektif mengurangi gejala hingga 33 persen pasca tiga minggu vaksin disuntikan.

Menanggapi hasil penelitian PHE tersebut, Juru Bicara Vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hal tersebut membuktikan bahwa vaksin buatan perusahaan asal Eropa tersebut membawa manfaat yang lebih besar. Dia juga mengimbau agar masyarakat tidak memilih-milih vaksin COVID-19.

"Saat ini semua negara sama-sama membutuhkan vaksin COVID-19. Jadi vaksin dengan merek apa pun memiliki manfaat yang sama," kata Nadia, Senin (24/5/2021).

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah menghentikan distribusi dan pemakaian vaksin COVID-19 merek AstraZeneca batch CTMAV547, untuk dilakukan pengujian toksisitas dan sterilitas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun, tidak seluruh vaksin COVID-19 merek AstraZeneca dihentikan pendistribusian dan penggunaannya. Kementerian Kesehatan menegaskan, batch AstraZeneca selain CTMAV547 aman digunakan sehingga masyarakat tidak perlu ragu.

Rekomendasi