Beredar Foto Wapres Ma'ruf Amin Dihipnotis Uya Kuya, Cek Faktanya

Tim Editor

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Osaki mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Uya Kuya sedang menghipnotis Wakil Presiden Maruf Amin ke grup Makar community.

"Pak Ma’ruf amin beliau bekerja dari balik layar layaknya Uchiha Itachi dalam Serial Naruto, Beliau adalah Wakil Presiden sekaligus Ulama yang di cintai dan di hormati rakyat sayangnya tidak terlihat di publik saja…… Bismillah Kursi DPR," tulis narasi pada postingan tersebut.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, adanya foto yang diklaim sebagai Uya Kuya yang sedang menghipnotis Wakil Presiden Maruf Amin merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan yang menggabungkan foto saat Uya Kuya menghipnotis komedian Sule di sebuah acara televisi pada Oktober 2019 dan foto Wapres Maruf Amin saat mengikuti dalam rapat paripurna bersama para Menteri pada 18 Juni 2020.

Foto editan ini merupakan hoaks lama yang beredar kembali, karena sebelumnya pada tahun 2020, foto ini sudah pernah diperiksa faktanya, salah satunya di artikel berjudul “[SALAH] Foto Uya Kuya Menghipnotis Wapres Maruf Amin” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 2 Juli 2020.

Dilansir dari artikel tersebut, foto asli yang pertama adalah foto Uya Kuya. Foto tersebut diambil dari tayangan sebuah acara televisi ketika Uya Kuya menghipnotis komedian Sule. Video tersebut diunggah oleh kanal Youtube Ini Talk Show pada 24 Oktober 2019.

Sementara itu foto yang kedua adalah foto Wapres Maruf Amin yang tengah duduk sambil mengenakan masker hitam. Salah satu yang menampilkan hal ini adalah video yang diunggah di kanal Youtube Kompas TV pada 29 Juni 2020.

Tag: Uya Kuya Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Bagikan: