SehatQ Bantu Pulihkan Ekonomi Melalui Vaksin Gotong Royong

| 01 Jun 2021 12:11
SehatQ Bantu Pulihkan Ekonomi Melalui Vaksin Gotong Royong
Ilustrasi vaksin (Antara)

ERA.id - Pemerintah memantau secara virtual pelaksanaan program vaksin gotong royong yang dijalankan oleh pihak swasta pada hari pertama di kawasan industri Jababeka. Dalam pelaksanaan vaksin gotong royong, SehatQ ikut serta berperan sebagai mitra perusahaan guna menyukseskan penuntasan penyebaran virus Covid-19, sekaligus menjadi penopang untuk memperbaiki ekonomi nasional.

Presiden Joko Widodo sendiri menyatakan, vaksin gotong royong dapat mempercepat perolehan herd immunity di Indonesia sehingga ekonomi dapat lekas membaik. Sebab memvaksinasi seluruh karyawan, bisa  membuat sektor industri segera melakukan kegiatan produksi dengan optimal. Efek dominonya adalah roda perekonomian nasional dapat bergerak dengan lebih baik.

“Kita harapkan setelah dimulainya vaksinasi di kawasan industri, semuanya nanti terlindungi dari penyebaran Covid-19 dan bisa bekerja lebih produktif lagi dan tidak terjadi penyebaran Covid-19 di perusahaan. Kita harapkan bisa segera membangun herd immunity, dan penyebaran Covid-19 bisa kita hambat dan hilangkan dari negara yang kita cintai ini,” kata Presiden Joko Widodo saat memantau jalannya kegiatan vaksin gotong royong di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, secara langsung.

Pada hari pertama penjalanan program vaksin gotong royong, SehatQ ikut memberikan dukungan kepada pabrik Sinar Mas Agribusiness and Food di Marunda, Kabupaten Bekasi dan PT Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk Tangerang Mill di bawah naungan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Ada empat bentuk dukungan yang diberikan SehatQ kepada perusahaan-perusahaan untuk pelaksanaan vaksin gotong royong. Di mana keempat bentuk dukungan tersebut memanfaatkan teknologi yang memang menjadi andalan dari platform kesehatan online ini.

“SehatQ memberikan dukungan melalui kehadiran tenaga kesehatan sebagai vaksinator untuk ribuan pekerja pada pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, penerima vaksin juga bisa berkonsultasi lebih lanjut secara online melalui fitur Chat Dokter maupun Telekonsultasi dengan video di SehatQ, termasuk untuk mempersiapkan diri menerima dosis kedua,” papar Founder SehatQ, Linda Wijaya.

Empat layanan yang disediakan SehatQ untuk kemitraan vaksin gotong royong dengan perusahaan, antara lain online screening, penyediaan vaksinator, pemantauan kondisi pasca vaksinasi, juga laporan vaksinasi.

Online screening merupakan layanan di mana SehatQ akan membantu melakukan screening secara virtual bagi calon penerima vaksin. Screening tidak hanya dilakukan bagi calon peserta yang sehat. Calon peserta vaksinasi yang memiliki masalah medis penyerta pun juga akan di-screening guna melihat kesiapan dan kemungkinan penerimaan vaksin Covid 19 bagi calon peserta tersebut.

Layanan kedua dari SehatQ adalah menyediakan tenaga kesehatan. Para tenaga kesehatan tersebut nantinya berperan sebagai vaksinator yang memberikan suntikan vaksin kepada calon peserta vaksinasi yang berasal dari perusahaan yang bermitra.

Sementara itu, pemantauan kondisi kesehatan karyawan dilakukan untuk memastikan ada tidaknya kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) pada peserta vaksin gotong royong. Pemantauan dilakukan lewat telekonsultasi. Hasil dari pemantauan inilah yang nantinya akan dilaporkan kepada dinas kesehatan setempat.

Adapun layanan yang keempat terkait vaksin gotong royong adalah laporan pelaksanaan vaksinasi. Laporan ini memudahkan perusahaan untuk mengakses data peserta vaksinasi secara daring. Dengan demikian, perusahaan bisa memastikan seluruh karyawan mendapatkan vaksin Covid-19 tanpa perlu mengunjungi fasilitas layanan kesehatan.

Semua layanan yang diberikan oleh SehatQ kepada perusahaan mitra didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dalam aturan tersebut  tertuang, program vaksin gotong royong menjadi tanggung jawab sektor industri. Pelaksanaannya harus dilangsungkan di luar fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. Vaksinnya pun harus yang berbeda dari vaksin pada program pemerintah.

Sebagai informasi, SehatQ merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital. Perusahaan yang sudah berdiri sejak November 2018 ini, kini telah menjadi situs kesehatan kedua terpopuler di Indonesa. Tiap bulannya, platform SehatQ diakses oleh lebih dari 20 juta pengunjung.

Selain membuat layanan untuk menyukseskan program vaksin gotong royong, banyak layanan lain yang bisa diakses dari SehatQ. Beberapa di antaranya adalah chat dan video chat dokter, toko vitamin, dan obat online. Tidak hanya itu, platform konsultasi kesehatan online ini menyajikan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, sampai fasilitas kesehatan dan dokter.

Rekomendasi