UNESCO Tetapkan Rinjani Jadi Geopark Dunia

Tim Editor

Gunung Rinjani (Pixabay)

Jakarta, era.id - Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja ditetapkan menjadi geopark dunia pada sidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

General Manager Geopark Rinjani Chairul Mahsul mengungkap, Gunung Rinjani ditetapkan menjadi geopark pada hari Kamis (12/4/2018) pada sidang UNESCO Executive Board di Paris.

"Alhamdulillah baru saja saya mendapat kabar, pada sidang UNESCO Executive Board, Kamis (12/4) di Paris, menetapkan Geopark Rinjani sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark," katanya, seperti dikutip Antara, Sabtu (14/4/2018).

Di samping itu, asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi NTB ini, berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pencapaian status Global Geopark tersebut.

"Selamat dan terima kasih kepada semua sahabat Rinjani yang telah membantu pencapaian status Global Geopark tersebut bisa tercapai," ucapnya.

Baca Juga : Objek Wisata KW di Indonesia

Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kawasan ini, mencakup empat wilayah di Pulau Lombok, mulai dari Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu pesona unggulan TNGR adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut.

Jika suatu daerah ditetapkan sebagai kawasan Unesco Global Geopark, maka daerah tersebut akan dikelola dengan konsep perlindungan menyeluruh, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan oleh UNESCO. 

Pada pengelolaannya, UNESCO memberdayakan kekayaan geografis yang menghubungkan semua aspek natural dan budaya untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu penting yang dihadapi masyarakat di daerah tersebut. Seperti isu soal keberlanjutan sumber daya alam, mengurangi dampak perubahan iklim dan mengurangi risiko bencana alam.

Selain itu, penetapan suatu kawasan sebagai Global Geopark akan memberikan dampak kebanggaan bagi warga lokal. Di sektor ekonomi, penetapan daerah sebagai UNESCO Global Geopark juga dapat meningkatkan minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Selain itu, penduduk daerah juga akan diberdayakan dengan dibuatkan suatu perusahaan lokal yang inovatif, membuka lapangan pekerjaan baru, dan diberikan kursus pelatihan berkualitas tinggi, sebagai pendapatan baru yang dihasilkan melalui geotourisme. 

Bagikan: