Ulama Madinah Sentil Jemaah Haji Indonesia yang Suka Selfie Saat Ibadah: Dia Berbohong, Hanya Pura-Pura Berdoa

| 07 Aug 2021 11:45
Ulama Madinah Sentil Jemaah Haji Indonesia yang Suka Selfie Saat Ibadah: Dia Berbohong, Hanya Pura-Pura Berdoa
Ulama asal Madinah itu menyindir kebiasaan selfie jemaah Indonesia saat beribadah haji. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Potongan ceramah Syekh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili soal kebiasaan buruk jemaah haji Indonesia saat beribadah ke Tanah Suci kembali viral di media sosial. Ulama asal Madinah itu menyindir kebiasaan selfie jemaah Indonesia saat beribadah di Makkah ataupun Madinah.

"Tidak diragukan lagi bahwa fenomena bermudah-mudahan dalam selfie ini memang nampak sekali, bahkan di masjid Nabawi sekalipun, bahkan ketika khatib sedang khutbah, (dia malah selfie)," ujar  Guru Besar Universitas Islam Mandinah ini sambil menirukan gaya selfie jemaah haji Indonesia, dilihat dari tayangan video yang diunggah akun Instagram @smart.gram, dilihat Sabtu (7/8/2021).

Syekh Sulaiman menyebut bahwa kebanyakan jemaah tersebut tak memperhatikan khutbah sedikit pun. Mereka juga berbohong menampilkan foto sedang berdoa maupun beribadah, padahal hanya selfie.

"Dia tidak memperhatikan khutbah sedikit pun, bahkan mereka berbohong dalam selfienya. 'Permisi, tolong foto diriku'," kata Syekh Sulaiman dengan menirukan pose berdoa.

"Dia berbohong, karena dia hanya pura-pura berdoa," tambah dia.

Akan tetapi, setelah pulang ke Indonesia, jemaah yang hobi selfie tersebut akan memamerkan foto sedang berdoa di Masjid Nabawi dan memajang di rumahnya.

"Tapi kalau pulang ke Indonesua, dia pamerkan fotonya itu bahwa dia sedang di Masjid Nabawi dan sedang berdoa," tutup dia.

Video yang diketahui diambil pada tahun 2016 itu pun kembali jadi perbincangan warganet dan ditonton sebanyak 66 ribu kali serta mendapat 216 komentar.

"Malu yaa di blg gtu sama ulama besar, beribadah bukan berselfie ria, ya Allah ampun ampun," tulis akun @indrajuansyah.

"Tujuan mereka tour syeik bukan niat krna ibadah😬," kata @iphulrusli.

"Ga kaget deh kayaknya kalau sama sebagian besar warga +62," kata @inu.yash4.

Rekomendasi