Jokowi Lepas Baju PDIP hingga Bikin Megawati Murka karena Tak Mau Lakukan Ini, Benarkah?

| 23 Aug 2021 12:31
Jokowi Lepas Baju PDIP hingga Bikin Megawati Murka karena Tak Mau Lakukan Ini, Benarkah?
Hoaks Jokowi lepas baju PDIP dan bikin Megawati murka. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar informasi yang menyebut bahwa Jokowi melepas baju PDIP hingga membuat Megawati murka. Informasi ini diketahui lewat video YouTube yang diunggah akun Pena Istana.

"BERITA HARI INI~MEWA WATI MURKA KARNA JOKOWI TAK MAU LAKUKAN INI," tulis narasi pada postingan tersebut.

Dalam thumbnail video tampak Presiden Jokowi melepas seragam PDIP. Foto tersebut juga ditambahkan sedikit narasi yang menyatakan bahwa Megawati murka Jokowi lakukan ini. Video ini pun telah ditonton sebanyak 12 ribu kali dan berhasil mendapatkan banyak reaksi dari masyarakat.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, narasi yang menyebutkan bahwa Megawati murka kepada Jokowi karena melepas baju PDIP adalah informasi keliru. Faktanya, foto Jokowi melepas baju/jas merah pada thumbnail tersebut adalah foto hasil editan.

Melalui pencarian gambar Google, foto asli yang digunakan tersebut adalah foto Megawati bersama Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) saat pendaftaran calon gubernur DKI Jakarta di tahun 2016. 

Melansir dari media CNN Indonesia, sesaat usai menyerahkan berkas pencalonan bakal cagub dan cawagub bersama Djarot Saiful Hidayat, Ahok kemudian memakai jas merah yang telah diberikan oleh Megawati.

Sementara jika melihat dari isi keseluruhan video, tidak ada satu pun informasi yang menyebutkan terkait kemarahan Megawati kepada Presiden Jokowi seperti yang dituliskan di dalam judul video. 

Video tersebut ternyata berisi narasi yang membahas terkait elektabilitas tokoh-tokoh yang diperkirakan akan maju pada Pilpres tahun 2024 mendatang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa gambar video yang menyatakan bahwa Megawati murka Jokowi lepas baju PDIP adalah hoaks kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

Rekomendasi