COVID-19 membaik, Pemerintah Uji Coba New Normal di Blitar

| 04 Oct 2021 15:45
COVID-19 membaik, Pemerintah Uji Coba New Normal di Blitar
Luhut Binsar Pandjaitan (Antara)

ERA.id - Situasi pandemi COVID-19 di Indonesia disebut sudah terus menunjukkan perbaikan. Rata-rata testing harian juga menyentuh angka 175-200 ribu per hari dengan positivity rate yang stabil di bawah 1 persen.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan beberapa wilayah sudah menunjukkan penurunan kasus.

Salah satu yang berhasil adalah Blitar sehingga akan dilakukan uji coba adaptasi kebiasaan hidup baru alias new normal di wilayah tersebut. Blitar pun sudah masuk dalam wilayah PPKM level 1.

"Pemerintah akan melakukan uji coba PPKM level 1 'new normal' di Blitar. Implementasi uji coba PPKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi (dosis) 1 70 persen dan dosis 1 lansia 60 persen," jelas Luhut dalam siaran pers PPKM, Senin (4/10/2021).

Penerapan new normal PPKM level 1 ini akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal. Pemerintah juga akan menurunkan sejumlah pakar dan personel untuk memantau uji coba new normal tersebut.

"Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke kota-kota yg masuk di level 1," ucapnya.

Pemerintah akan mengawasi ketat aktivitas masyarakat di Blitar dengan merespons hal-hal darurat agar penyebaran virus Covid-19 tidak berkembang.

Rekomendasi