Viral! Kucing Berusia 30 Tahun, Setara dengan 90 Tahun Umur Manusia, Benarkah?

| 28 Oct 2021 07:01
Viral! Kucing Berusia 30 Tahun, Setara dengan 90 Tahun Umur Manusia, Benarkah?
Hoaks kucing berusia 30 tahun

ERA.id - Beredar sebuah foto yang diklaim sebagai kucing berusia 30 tahun. Informasi itu dibagikan oleh akun Instagram bernama @muhammad_klail_99.

Kucing itu diklaim telah berusia 30 tahun, atau setara dengan 90 tahun umur manusia. Atas dasar tersebut, maka wajah kucing itupun berbeda dari wajah kucing pada umumnya, karena kucing yang terdapat dalam foto tersebut memiliki kulit yang telah mengendur.

Narasi:

"30 tahun dah umur kucing ni, bersamaan 90 tahun umur manusia, kategori moyang dah ni gais."

Setelah ditelusuri, melansir dari themighty.com, kucing tersebut merupakan kucing yang diadopsi oleh pasangan Georgina Price dan pasangannya Christopher Lardner asal Stroud, Gloucestershire, Inggris bernama Toby. 

Toby merupakan kucing yang didiagnosis menderita Ehlers-Danlos syndrome (EDS), atau yang lebih dikenal sebagai Feline Cutaneous Asthenia (FCA) di dunia kucing.

Sindrom tersebut merupakan kondisi genetik yang mempengaruhi jumlah dan struktur kolagen dalam tubuh, sehingga sindrom tersebutlah yang menyebabkan Toby memiliki kulit yang mengendur atau menggantung dari tubuhnya karena tidak adanya elastisitas pada kulitnya.

Melansir dari akun Instagram @tummyandgummy yang dikelola oleh Georgina dan Christopher, Georgina menjelaskan pada salah satu foto yang diunggah pada 30 Desember 2019 lalu bahwa Toby pada saat itu merupakan kucing berusia 6 tahun yang didiagnosis menderita EDS, sehingga menyebabkan adanya kelainan pada kulitnya. 

Kelainan tersebut menyebabkan kulitnya terlihat mengendur dan mudah terluka. Selain itu, melansir dari themighty.com, Georgina juga memaparkan kekhawatirannya atas dampak yang dapat diterima Toby atas sindrom tersebut, sehingga ia berusaha untuk membatasi beberapa aktivitas Toby, seperti melakukan lompatan, tujuannya adalah untuk mengurangi tekanan pada persendiannya, karena EDS juga memiliki pengaruh pada persendian penderitanya. 

Hal itulah yang menyebabkan Toby mudah terluka, bahkan saat melakukan aktivitas rutin.

Berdasarkan pada seluruh referensi, dilansir laman turnbackhoax.id, informasi terkait Kucing Berusia 30 tahun atau setara dengan 90 tahun umur manusia ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Rekomendasi