Heboh! Jejak Digital Anies Teken Kontrak Politik dengan Al Khathath di Pilgub DKI, Benarkah?

| 01 Nov 2021 11:03
Heboh! Jejak Digital Anies Teken Kontrak Politik dengan Al Khathath di Pilgub DKI, Benarkah?
Hoaks Anies teken kontrak politik

ERA.id - Beredar informasi di media sosial terkait rekam jejak Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Disebutkan bahwa Anies dan Sandi menjalin kontrak politik dengan Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath. 

Informasi itu dibagikan dalam grup Facebook Bhinneka Tunggal Ika oleh akun Cjdw Bhisma yang menampilkan sebuah tangkapan layar unggahan Twitter akun @Dionbonjovi181. 

Narasi dalam tangkapan layar tersebut menampilkan sebuah gambar yang diklaim merupakan tanda tangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam kontrak dengan Al Khathath.

NARASI:

(narasi dalam gambar)

"Jejak digital Anies sandi teken akad kontrak jika menang pilgub akan nurut pada Al khathath alias Gatot saptono Cs! Kami tidak lupa wan tentang jualan ayat dan politik identitasmu !!"

Setelah melakukan penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, hal tersebut tidak benar. 

Hal itu merupakan salah satu bentuk kampanye hitam yang ditujukan kepada Anies Baswedan pada Pilgub tahun 2017 lalu. Melansir dari laman berita Tempo, Anies mengatakan bahwa tanda tangan tersebut bukan tanda tangan aslinya dan narasi tersebut adalah fitnah.

Dengan demikian, narasi yang diunggah dalam grup Facebook Bhinneka Tunggal Ika oleh akun Cjdw Bhisma tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Rekomendasi