Trump dan Kim Jong Un Akan Bertemu di Singapura

| 11 May 2018 08:49
Trump dan Kim Jong Un Akan Bertemu di Singapura
Donald Trump dan Kim Jong Un (Foto: Reuters)
Washington, era.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un akan mengadakan pertemuan di Singapura pada 12 Juni.

Pemilihan Singapura sebagai tempat pertemuan ini karena Singapura sekutu kuat AS dan Angkatan Laut AS kerap berkunjung ke pelabuhan negara itu.

Dilansir dari Antara, AS akan berusaha membujuk Kim Jong Un untuk menghentikan program senjata nuklir yang dikerjakan Korea Utara.

"Pertemuan yang sangat ditunggu-tunggu antara Kim Jong Un dan saya sendiri akan dilakukan di Singapura pada 12 Juni. Kami berdua akan berusaha membuat (pertemuan) itu sebagai momen yang sangat spesial bagi Perdamaian Dunia!" tulis Trump di Twitter.

Keterangan itu diumumkan Trump hanya beberapa jam setelah tiga warga negara Amerika Serikat yang ditahan di Korea Utara tiba di pangkalan militer AS di luar Washington. Ketiganya dibebaskan oleh Kim sebagai isyarat baik menjelang pertemuan puncak.

 

Saat kedatangan ketiga warga Amerika itu, Trump mengatakan, dia percaya kepada Kim akan membawa Korea Utara ke dunia yang sesungguhnya.

"Menurut saya, kita punya kesempatan sangat baik untuk melakukan sesuatu yang sangat berarti," kata Trump.

"Pencapaian saya yang paling membanggakan nantinya adalah, ini adalah bagian dari itu, ketika kita menghapuskan penggunaan senjata nuklir di seluruh semenanjung (Korea, red)."

Menteri luar negeri AS yang baru, Mike Pompeo, telah mengunjungi Pyongyang dua kali dalam beberapa minggu terakhir ini, satu kali ketika ia masih menjabat sebagai kepala CIA.  Namun, tidak ada tanda-tanda Korea Utara bersedia melepaskan program senjata nuklirnya. 

Baca Juga : Media Korut Tak Beritakan Rencana 'Damai' Kim-Trump

Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sempat berkomunikasi tentang masalah ini. Mereka sama-sama menginginkan Korea Utara menghentikan program senjata terlarang pemusnah massal dan program peluru kendali balistik.  Kim pun sempat berjanji akan menghentikan uji coba nuklir serta menutup lokasi uji coba bom nuklir.

Rekomendasi