Ingatkan Negara Asia Pasifik, Presiden China: Jangan Sampai Perang Dingin Terulang Kembali

| 11 Nov 2021 12:09
Ingatkan Negara Asia Pasifik, Presiden China: Jangan Sampai Perang Dingin Terulang Kembali
Presiden China, Xi Jinping (Wikimedia Commons)

ERA.id - Presiden China Xi Jinping mengingatkan negara-negara di Asia Pasifik untuk menghindari ketegangan seperti pada masa 'Perang Dingin' terjadi kembali di kawasan.

Di tengah ketegangan negaranya dengan Amerika Serikat dan Taiwan, Xi Jinping meminta semua negara di kawasan harus bekerja sama untuk mengatasi berbagai tantangan.

"Perpecahan pada era Perang Dingin tak boleh terulang kembali di Kawasan Asia Pasifik," kata Xi Jinping saat menyampaikan pidatonya di sela-sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada Kamis (11/11/2021).

Dikutip dari France24, Xi meminta agar semua negara untuk bekerja sama dan berupaya menghapus masih terjadinya ketimpangan vaksinasi Covid-19. Seharusnya, jelas dia, negara-negara berkembang mendapatkan akses mudah untuk mendapatkan vaksin.

"Vaksin merupakan barang milik publik global, dan kita harus melakukan tindakan konkrit untuk memastikan distribusi yang adil dan merata," tambah dia.

Ketua Partai Komunis China itu pun meminta negara di kawasan meningkatkan kerja sama dalam hal pengembangan, produksi hingga penelitian serta pengakuan bersama vaksin Covid-19.

"Hal ini dilakukan untuk keluar dari pandemi dan mencapai perekonomian yang stabil," kata dia.

Sebelumnya, hubungan China dan AS mulai panas setelah sejumlah Senator dari Negara Paman Sam berkunjung ke wilayah Taiwan. Menurut China, kunjungan tersebut merupakan pelanggaran serius.

Beijing pun menggelar latihan perang di dekat wilayah Taiwan yang dianggap China merupakan bagian dari negaranya.  

Seperti diketahui, China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri. Negara Taiwan yang telah memerdekakan diri itu hanya diakui oleh beberapa negara seperti Amerika Serikat.

Rekomendasi