Kebakaran di Kilang Cilacap, Pertamina Evakuasi 80 Warga Sekitar

| 13 Nov 2021 22:15
Kebakaran di Kilang Cilacap, Pertamina Evakuasi 80 Warga Sekitar
Foto kebakaran di kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah (Antara)

ERA.id - PT Pertamina mengevakuasi 80 warga di sekitar area Kilang Cilacap, Jawa Tengah usai terjadinya kebakaran terhadap satu tangki berisi Petralite pada Sabtu (13/11/2021).

Berdasarkan keterangan resminya, Corporate Secretary Ifki Sukarya memastikan warga dalam kondisi aman.

Dia mengatakan warga yang dievakuasi tersebut berasal dari Kelurahan Lomanis.

Mereka, kata dia, diungsikan ke tempat pengungsian sementara di di Aula Kelurahan serta Masjid Baitul Munir, Lomanis.

Terkait insiden tersebut, Pertamina terus memaksimalkan upaya pemadaman

"Pemadaman dengan defensive fire fighting dengan fire truck dan hydrant serts pendinginan di area sekitar tanki yang terbakar," jelas Ifki.

Sebelumnya, Berdasarkan laporan di media sosial Twitter, kebakaran diduga terjadi di salah satu tangki Kilang milik Pertamina.

Menurut laporan netizen di Twitter yang berada di sekitar wilayah kilang, kebakaran terjadi karena diduga tersambar petir.

Corporate Secretary Pertamina Ifki Sukarya mengatakan kebakaran mulai sekitar pukul 19.20 WIB terjadi di 1 buah tanki berisi produk Pertalite pada Sabtu (13/11/2021). Saat ini Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Rekomendasi