Beredar Foto Anies 'Calon Presiden 2024' Bersama Petinggi ISIS dan HNW dari PKS, Cek Faktanya..

Tim Editor

Hoaks Anies Baswedan bersama petinggi ISIS. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah foto di aplikasi pesan WhatsApp dengan klaim Anies Baswedan bersama dengan pimpinan ISIS bernama Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi dan politikus PKS Hidayat Nur Wahid. 

Selain itu, dalam foto itu juga disebutkan bahwa Anies Baswedan yang akan mencalonkan diri menjadi Presiden RI tahun 2024 berafiliasi dengan petinggi ISIS.

Narasi:

"Viralkan Foto Ini yang mau nyalon Pilpres th. 2024 biar Bangsa INDONESIA tahu, calon Presiden ber’Aplisiasi dengan petinggi ISIS… Jejak digital Forensik Mendsos Jelas…"

Narasi dalam foto:

"Ini foto Anies dan Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi pimpinan ISIS, dan HNW dari PKS. JANGAN BIARKAN KELOMPOK GARIS KERAS INI KUASAI INDONESIA."

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, foto dengan klaim Anies bersama pemimpin ISIS adalah hoaks lama yang telah beredar sejak tahun 2017. 

Syeikh Yusuf al-Qaradawi merupakan ahli ijtihad (tafsir) yang lahir di Kairo, Mesir pada September 1926. Mengutip dari Telegraph, ia pernah mengecam deklarasi khilafah yang digaungkan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi pada tahun 2014. Ia juga bahkan mengkritisi sepak terjang ISIS dari beberapa penyataan yang pernah dilontarkannya.

Hoaks yang sama sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] “INI BUKTI ANIS BAS EDAN ANGGOTA ISIS, Bersama Syekh Yusuf Al-Qaradhawi pimpinan ISIS” dan [SALAH] Foto Anies Baswedan Berfoto bersama Tokoh ISIS Syekh Yusuf Al-Qaradhawi.

Dari berbagai fakta di atas, foto yang disebarkan melalui WhatsApp itu dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

Tag: pks berita hoaks isis anies baswedan cek fakta hidayat nur wahid

Bagikan: