Bupati Lumajang Geram Bekas Erupsi Semeru Jadi Tempat Foto Selfie dan Wisata, Netizen: Sindir Jokowi?

Tim Editor

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Kabar mengenai Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi kena sindir Bupati Lumajang cukup mencuri perhatian para netizen.

Diketahui, Bupati Lumajang Thoriqul Haq geram atas perilaku beberapa warga yang justru menjadikan daerah terdampak erupsi Gunung Semeru sebagai tempat wisata.

Thoriq mengingatkan masyarakat yang ingin berfoto atau mengabadikan momen di area terdampak letusan Gunung Semeru, hanya akan menghambat proses evakuasi.


“Soal yang ingin foto-foto, jeprat-jepret, sudah. Bukan waktunya sekarang. Ini bukan tontonan, bukan tempat wisata,” katanya pada Kamis kemarin.

Menurut Thoriq, aktivitas masyarakat pada area terdampak letusan Gunung Semeru akan menyebabkan transportasi pengangkut bantuan terhambat. Ia juga menyampaikan masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bisa memanfaatkan posko, misalnya, yang ada di Kecamatan Pronojiwo.

Pernyataan Bupati Lumajang itu pun jadi perhatian warganet. Tak sedikit yang mengaitkan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo, Selasa (7/12) lalu. Di mana beredar beberapa foto Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak.



Dalam foto itu, Jokowi terlihat hanya berjalan sendiri di tengah bekas erupsi, hingga akhirnya Jokowi kena sindir oleh para netizen.

Salah satu yang mengomentari pernyataan Bupati Lumajang adalah kader Partai Demokrat, Yan Harahap.

“Yang suka selfie dan jalan sendiri di lokasi bencana siapa?,” sindir Yan Harahap di akun Twitternya.

Akibatnya, Jokowi kena sindir oleh Yan Harahap dan para netizen Indonesia. Meskipun begitu, ada juga yang membela Presiden RI dengan mengatakan kalau itu merupakan dokumentasi dari sekretariat Negara yang hukumnya wajib.
Netizen lain yang melihat komentar dan sindiran dari Yan Harap langsung ikut memberikan komentar.

“Maksudnya yang pake baju putih lengen panjang dan celana hitam, berbadan cungkring,” kata balas @Imam***.

“Waaah… Berani-beraninya bupati ngomelin orang selfie berbaju putih,” balas akun @jama***.

“@jokowi Ente diomelin sama bupati lumajang tuh.. Kebanyakan gaya sih,” kata akun @Musu***.

“Jangan fitnah pk jokowi gk pernah selfi ditempat bencana, beliau bawa tim dokumenter kesekretariatan istana,” komentar akun @Pabl**.

Jadi dari ungkapan Bupati Lumajang yang mengimbau masyarakat agar tidak menjadikan lokasi bekas bencana erupsi sebagai wisata dan tempat liburan itu justru menyerang Jokowi.

Akibatnya, Jokowi kena sindir oleh Yan Harahap dan para netizen Indonesia. Meskipun begitu, ada juga yang membela Presiden RI dengan mengatakan kalau itu merupakan dokumentasi dari sekretariat Negara yang hukumnya wajib.

Tag: presiden jokowi gunung semeru meletus Gunung Semeru aksi jokowi letusan gunung semeru

Bagikan: