Viral Baliho Puan Bertebaran di Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Ketua Fraksi PDIP: Spontanitas Kader dan Orang Dekat

| 22 Dec 2021 15:14
Viral Baliho Puan Bertebaran di Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Ketua Fraksi PDIP: Spontanitas Kader dan Orang Dekat
Tangkapan Layar

ERA.id - Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto menanggapi kritik atas viralnya kabar baliho Ketua DPR Puan Maharani di lokasi erupsi Gunung Semeru saat kunjungan ke Lumajang, Jawa Timur. Utut menilai, pemasangan baliho tersebut merupakan bentuk spontanitas kader kepada Puan.

"Itu kan mungkin ada spontanitas dari teman-teman Ibu Puan hadir, biasanya itu entah kader entah orang yang dekat, relawan kalau maksudnya pasti baik," ujar Utut di Gedung DPR, Senayan, Rabu (22/12/2021).

Soal tudingan baliho Puan terpampang tapi kader PDIP tidak ada yang turun ke lokasi terdampak bencana, Utut pun membela. Menurutnya, anggota DPR dari PDIP, khususnya dapil Jawa Timur sudah pasti terjun langsung.

"Kalau ke sana pasti banyak lah. Jangankan Ibu Ketua DPR RI, misalnya Pak Arteria Dahlan dapil sana, Pak Arif Wibowo itu otomatis biasanya suruh turun langsung," tandas Utut.

Sebelumnya, Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mengkritisi terpampangnya baliho Ketua DPR Puan Maharani di lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Seiring dengan kunjungan Puan ke wilayah Pronojiwo, Lumajang, guna meninjau langsung lokasi terdampak bencana.

Sebelumnya, Peneliti Formappi Lucius Karus, mengaku bingung dengan langkah Ketua DPP PDIP itu. Pasalnya, Puan dinilai tidak memiliki empati demi hasrat politiknya maju Pilpres 2024.

"Bingung aja sih nekadnya Puan memajang dirinya di baliho di daerah bencana. Kalau baliho itu untuk pencitraan dirinya, ya jelas tak akan kesampaian. Bagaimana bisa orang lagi susah disuruh mikir politik dan ambisi politisi yang ada di baliho itu?," ujar Lucius.

Rekomendasi