Paus Fransiskus Hapus Alkitab dan Usulkan Buat Buku Baru, Benarkah?

Tim Editor

Paus Fransiskus (Antara)

ERA.id - Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama “Abou Konoba Fofana”, yang memposting sebuah screenshot artikel berita berbahasa Inggris berjudul “Pope Francis cancels the Bible and proposes to create a new book” atau yang diartikan "Paus Fransiskus Menghapuskan Alkitab dan Mengusulkan untuk Membuat Sebuah Buku".

Narasi pada artikel mengatakan bahwa Paus Fransiskus mengumumkan jika Alkitab telah kadaluwarsa dan diperlukan sebuah kitab baru dengan pergantian yang radikal.

Sejalan dengan agenda pergantian ini akan diadakan pertemuan para petinggi gereja untuk membicarakan mengenai nama kitab yang baru dan konten di dalamnya. Salah satu nama yang sudah diusulkan yakni “Biblia 2000”.

 

Turnbackhoax.id



Dikutip dari Turnbackhoax.id pada (19/1/2022) , Informasi tersebut merupakan Palsu. Tidak ada informasi resmi dan kredibel yang menyatakan bahwa Paus Fransiskus akan mengganti Alkitab dengan “Biblia 2000”.

Bahkan, dalam website resmi yang biasa memberitakan kegiatan Paus, the Holy See Press Office, serta beberapa departemen Kuria Roma, tidak satupun mengeluarkan pemberitaan resmi terkait penggantian Alkitab.

Selain itu, website thereisnews.com yang menjadi sumber pemberitaan tersebut diketahui merupakan website yang berisi konten berita Satir, dengan kata lain isi dalam website tersebut adalah berita-berita humor yang bertujuan untuk hiburan serta tidak dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Abou Konoba Fofana adalah tidak benar dan termasuk kategori Satire.

Tag: paus fransiskus Alkitab

Bagikan: