Hal-hal Unik di Planet Mars

Tim Editor

    Ilustrasi Mars (Twitter @peachastro)

    Los Angeles, era.id - Awal bulan ini, Sabtu (4/5/2018) NASA meluncurkan robot baru bernama InSight ke Planet Mars. Robot ini dirancang untuk menemukan hal-hal baru yang diperlukan untuk dipelajari lebih jauh. Dilansir dari msn.com, proyek berharga 993 juta dolar tersebut berangkat menggunakan roket Atlas V pada pukul 04.05 waktu setempat. 

    Sambil menunggu hasil temuan baru yang dilakukan InSight, berikut adalah hal-hal unik yang mungkin belum kamu ketahui tentang Planet Mars:

    1. Gunung Olympus

    Gunung Olympus (Foto: NASA)
     
    Selama ini kita menganggap Mount Everest adalah atap dari dunia yang memiliki ketinggian 8.480 meter. Dan jika  ketinggian suatu gunung diukur dari dasar laut, Mauna Loa yang berada di kepualan Hawaii adalah gunung tertinggi saat ini dengan tinggi 10.205 meter.

    Tetapi ternyata, ketinggian Everest dan Mauna Kea belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Gunung Olympus, gunung tertinggi di Planet Mars,  yang memiliki ketinggian sekitar 25.000 meter atau 25 km. Ketinggian ini setara dengan jarak yang harus ditempuh pekerja dari Depok ke pusat Jakarta, perbedaannya hanya perspektif horizontal dan vertikal saja.

    Luar biasanya, diameter dari gunung ini berjarak 624 km atau kurang lebih sama dengan jarak Jakarta-Yogyakarta, atau setengah dari panjang pulau Jawa.

    2. Valles Marineris


    Valles Marineris (Foto: NASA)

    Valles Marineris adalah ngarai terbesar yang ada di Planet Mars yang memiliki panjang kurang lebih 4.000 km, lebar 200 km dan kedalaman lebih dari 7 km. Jika kamu ingin berwisata ke tempat ini, patokan utamanya adalah sebuah wilayah bernama Tharsis, wilayah vulkanik di garis khatulistiwa Planet Mars. Dan Valles berada di sisi barat dari Tharsis

    Di bumi, ngarai yang paling mendekati besarnya Valles Marineris adalah Grand Canyon. Tapi, salah satu keajaiban dunia  yang berlokasi di Sungai Colorado, Arizona ini pun hanya memiliki panjang 446 km, lebar 29 km dengan kedalaman 1,6 km. 

    3. Tsunami di Planet Mars

    Salah satu bencana besar yang ada di Planet Bumi adalah Tsunami. Sementara  di Planet Mars--yang memiliki aktivitas vulkanik masif--fenomena tsunami diperkirakan bisa terjadi dengan ketinggian yang melebihi apa yang terjadi di bumi. Dilansir dari Business Insider, Tsunami terbesar yang terjadi di Planet Mars yaitu setinggi 122 meter atau hampir setinggi Monas, atau empat kali lebih tinggi dari tsunami yang terjadi saat gempa bumi menerjang Aceh pada 2004.

    4. Suhu

    Tipisnya atmosfer di Planet Mars membuat suhu di sana cukup ekstrem. Suhu terdingin mencapai -62 derajat celcius, suhu terpanas 35 derajat celcius, dan suhu rata-ratanya yaitu -46 derajat celcius. 

    Baca Juga : Perisai Pesawat Nasa Retak
     

    Tag: pencurian dana nasabah bri

    Bagikan :